Shahwu (Kesadaran Hakiki)

SHAHWU (KESADARAN HAKIKI)
Kitab: Jami’ al-Ushul fi al-awliya

Kesadaran hakiki dalam istilah tasawuf itu merupakan capaian ruhani setelah merasakan nikmatnya wushul sehingga tak lagi merindukan-Nya karena telah bertemu. Kondisi yg demikian baru dapat dikatakan benar apabila telah melalui fase syauq (merindukan) dan fase sakar (mabuk ruhani) yg biasanya disertai dengan syathahat (racauan mistis) sehingga tak lagi mengucapkan kata² yg menyatakan kerinduan (syathahat).

Tanpa sakar (mabuk ruhani) maka kesadaran hakiki belum benar. Sakar adalah fase yg benar² di alami sebelum wushul hanya saja berbeda² lamanya, ada yg sekejap ada pula yg lama bahkan hingga ajal menjemput masih tetap sakar sebagaimana di alami oleh “martir sufi” Syaikh Husein Mansyur Al-Hallaj.

Bagi sufi² Agung pewaris sejati Rasul biasanya sakar hanya sekejap sebagaimana sahabat Abu Bakar As-Shiddiq ra. karena terbimbing secara sempurna hingga mencapai shahwu (menggapai kesadaran hakiki).

AL-SHAHWU (KEBANGKITAN SPIRITUAL)
Fase paska mabuk spiritual (sakar)

Arti kesadaran spiritual/al-shahwu (kebangkitan spiritual, setelah mabuk spiritual) dari tidur panjangnya.

Dalam koridor akhlaq (fi al-akhlaq) yaitu bersihnya jiwa dan beningnya hati. Barangsiapa bangkit dari tidur panjangnya maka himmah (tekad spiritualnya) dan kepekaan sosialnya tinggi. Inilah tujuan bertarekat atau hasil akhir dzikir dan suluk.

Jika ditinjau dari akalnya maka akalnya munawwar (tercerahkan) sehingga akhlaqnya karimah yg mentarbiyah (mendidik ruhani) kepada siapapun. Sebagaimana firman Allah:

وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهِ فَصَلَّىٰ,
بَلْ تُؤْثِرُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا,
وَالْآخِرَةُ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ.

“dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia sembahyang (15).
tetapi kamu (orang² kafir) memilih kehidupan duniawi (16).
sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal (17).
[QS. Al-‘Alaq: 15-17]

Sirri yg jernih (shafi) atau bagian rahasia di dalam hati merupakan tempat beraudiensi seorang hamba dengan Sang Pencipta sebagaimana hamba-Nya Nabi Musa as. dan para ahlus shafa.

Kondisi hati akan tercermin dalam perilaku seorang hamba. Jika jiwa seorang hamba bersih dan hati bening maka senantiasa bersama Allah.

“kana Allah wa la syai’ maahu (kaidah tauhid)”, apabila benar telah bersama Allah maka lenyaplah kedirian rendahnya.

Pada koridor ushuluddin, shahwu bermakna terhibur dari efek aktivitas makhluk karena telah menghadap Al-Haq dan tertarik pada rasa jadzbah kepada-Nya sebagai refleksi dari kuatnya keintiman hubungan spiritual.

Pada koridor adwiyah, al-shahwu merupakan pancaran kejernihan aqal sebagai lanjutan dari hati bersinar oleh cahaya kesucian ilahi (nur qudus).

Sedangkan pada koridor “kondisi batin/ ahwal”, al-shahwu bermakna kedamaian batin karena kuatnya cinta yg menghibur akibat memperhatikan Sang Kekasih.

Sedangkan pada koridor/wilayah kewalian, al-shahwu mengandung makna kebeningan agung karena bahagia dan bertemu Dzat Yang dirindukan. Inilah akhir fana’ yg ditandai dengan lenyapnya dimensi kemanusiaan kemudian masuk maqam baqa’. Bai’at murid dalam fase ini adalah bai’at bittarbiyyah sehingga akan mendidik siapapun bahkan wali pun akan dididik untuk meningkatkan derajat kewaliannya.

Paling akhir koridof al-shahwu adalah beningnya puncak rasa cinta dan tajamnya cecapan rasa sirrinya (kerinduan yg menyebabkan segala penyakit lenyap) karena merasakan ke-esaan berkumpulnya shifat dan asma’-Nya (Menyaksikan ika/tunggal dalam aneka [untuk murid] – syuhudul wahdah fil katsroh, dan menyaksikan aneka dalam ika [untuk mursyid] – syuhudul katsroh fil wahdah ).

Inilah perspektif tasawuf yg membutuhkan proses ekplorasi yg lama dan tidak mudah. Wallaahu a’lam

***

Mulai Perjalanan

Mulai perjalanan ruhani dalam bimbingan Mursyid Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah, Sayyidi Syaikh Ahmad Farki al-Khalidi qs.

Catatan Lainnya

Masalah 40

162 Masalah Sufistik (Masalah 40): Syaikh Abdullah bin Ahmad

Insan Kamil

Insan Kamil artinya adalah manusia sempurna, berasal dari kata al-insan yang berarti

Rekomendasi

Play Video

Kitab Tanwirul Qulub: Syaikh Muhammad Amin Al-Kurdi (qs) adalah salah satu tokoh yang sangat berpengaruh di Universitas Al Azhar Mesir. Dalam menjalankan aktivitas syariatnya, sosok ini dikenal bermadzhab Syafi’i. Di luar aktivitas syariat, nilai-nilai spiritualitas berhasil dibangun saat terjun ke majelis Tarekat Naqsyabandiyah. Bahkan pada abad ke-14 H, beliau menjadi pilar penting dalam tarekat ini di Mesir. Beliau wafat pada Ahad malam tanggal 12 Rabi’ul Awwal tahun 1332 H.

Rekomendasi

Satu Mursyid

Seorang murid hendaknya mengambil dan memasrahkan dirinya hanya pada

Tasawuf

Khatir, Waham & Ilmu yang Haqq

Macam-macam Khawathir (Getaran Hati) Ada empat macam khatir (bisikan) yg masuk ke dalam hati, yaitu: 1. Khatir Rabbani adalah khatir dari Allah, sifatnya kuat karena

Berbagai Thariqat

Sejarah Tarekat Qadiriyah

Tumbuhnya tarekat dalam Islam sesungguhnya bersamaan dengan kelahiran agama Islam itu sendiri, yaitu sejak Nabi Muhammad Saw. diutus menjadi Rasul. Fakta sejarah menunjukkan bahwa pribadi

Berbagai Thariqat

Sejarah Tarekat Syadziliyah

Secara pribadi Syaikh Abul Hasan asy-Syadzili tidak meninggalkan karya tasawuf, begitu juga muridnya, Syaikh Abul Abbas al-Mursi, kecuali hanya sebagai ajaran lisan tasawuf, doa, dan hizib. Syaikh

Lainnya

Antara Pikiran dan Tenang

Yg ini agak ringan, jadi saya menulisnya cukup santai. Begini, mungkin sebagian dari kita menganggap, kalau sudah bisa sadar terus, perasaan kita akan tenang terus?

Thariqat

Renungan bagi Murid

Di antara syarat thariqat mu’tabarah adalah Syaikh Mursyid thariqat yg sanadnya bersambung sampai Rasulullah Saw., dan diakui keberadaannya. Hal ini disebabkan karena jika seseorang yg

Tasawuf

Mahabbah Dalam Bermujahadah

Allah menerangkan Diri-Nya sebagai Yang Lahir dan Yang Batin (QS. Al-Hadid 57 : 3). Dunia dan isinya adalah pancaran dan alamat dari nama-nama dan sifat-sifat-Nya,

Berbagai Thariqat

Syattariyah: Tarekat dari Negeri Hindustan

Tarekat Syattariyah pertama kali muncul di Hindustan (India) pada abad ke-15. Seperti tarekat lainnya, nama tarekat ini juga dinisbatkan pada tokoh yang menjadi pembawa atau

Silakan muat-ulang halaman.
Lainnya

Bagaimana Bahagia dari Dalam Diri

Sebagian besar dari kita menganggap bahagia itu ada syaratnya dan ada di luar diri kita. Saya akan bahagia jika keinginan saya terpenuhi, saya akan bahagia

Lainnya

Antara Pikiran dan Tenang

Yg ini agak ringan, jadi saya menulisnya cukup santai. Begini, mungkin sebagian dari kita menganggap, kalau sudah bisa sadar terus, perasaan kita akan tenang terus?

Lainnya

Belajar Menyadari

Kesadaran yg saya bahas ini kata benda, bukan kata kerja. Kesadaran juga bagian dari tubuh kita. Ada tubuh, pikiran, perasaan dan kesadaran. Tubuh fungsinya sesuai

Thariqat

Bertarekat Itu Adalah Ciri Orang Mukmin

طَرِيقُ الوُصُولِ إِلَى الله Tarekat Wushul kepada Allah. وَإِنَّ السَّيْرَ في طَرِيقِ الوُصُولِ إِلَى اللهِ تَعَالَى صِفَةُ الْمُؤْمِنِينَ الصَّالِحِينَ، وَمِنْ أَجْلِهِ جَاءَ الأَنْبِيَاءُ وَالْمُرْسَلُونَ (عَلَيْهِم

Nasihat

Tanda Amal Diterima

“Siapa yang merasakan buah amalnya di dunia maka itu bukti bahwa amalnya diterima di akhirat.” -Syekh Ibnu Atha ‘illah. Menurut Syekh Asy- Syarqawi, yang dimaksud

Lainnya

Ngobrolin Gusti Allah

Intermezo, mbah. Keutamaan majelis dzikir itu sudah cetho welo-welo sekali disebut Kanjeng Nabi Muhammad SAW ما جلس قوم مجلسا، يذكرون الله عز وجل، إلا حفت

Tasawuf

Tidak Ada Tasawuf Tanpa Syariah

Kalian tidak bisa memiliki tasawuf (ٱلتَّصَوُّف) tanpa ilmu, ilmu Syariah. Sekarang banyak sekali orang yang berpikir bahwa tasawuf itu adalah sesuatu sementara Syariah adalah sesuatu

Lainnya

Plato: Wali Qutub di Zamannya

Aku bertemu Aflatun (Platon), orang yang dituduh kafir oleh kalangan literalis. Aku melihat dia berada di dunia lain yang diliputi cahaya dan keindahan. Aku tidak

Thariqat

Mengapa Kita Melakukan Dzikir Setiap Minggu?

Mengapa kita melakukan dzikir setiap minggu? Itu bukanlah kewajiban, tetapi kita melakukan dzikir setiap minggu dan Grandsyaikh serta Mawlana Syaikh selalu menekankan tentang dzikir. Mengapa?

Thariqat

Tarekat Wushul & Guru Spiritual (Shaykh)

Tarekat Wushul & Guru Spiritual (Shaykh) menurut Syaikh Abdul Wahab As-Sya’rani. Wushul merupakan predikat hamba yg telah mampu mengambil/mereguk ilmu Allah dari Rasulullah Saw. (‘ainus

Thariqat

Problem Umum bagi Murid Thariqat

وقد رأيت فقراء هذا العصر ابتلوا بخمسة أشياء: إيثار الجهل على العلم. الاغترار بكل ناعق. التهاون في الأمور. التعزز بالطريق. استعجال الفتح دون شرطه. Syaikh

Thariqat

Prinsip-Prinsip Thariqat

Secara Umum: Syaikh Dhiya’uddin Ahmad Mushthafa Al-Kumuskhanawi di dalam kitab Jami’ al-Usul fi al-Awliya menjelaskan bahwa: وأصول سائر الطرق خمسة أيضا: طلب العلم للقيام بالأمر،

Thariqat

Memperbanyak Dzikir

Wukuf Adadi, Dawuh Syekh Bahauddin Syah Naqsyabandi adalah awal martabat Ilmu Ladunni, atau bisa dikatakan gerbang masuk martabat ilmu ladunni bagi pedzikir sir yg masih

Thariqat

Renungan bagi Murid

Di antara syarat thariqat mu’tabarah adalah Syaikh Mursyid thariqat yg sanadnya bersambung sampai Rasulullah Saw., dan diakui keberadaannya. Hal ini disebabkan karena jika seseorang yg

Kisah

Kisah Teladan Abah Habib Luthfi Bin Yahya

Ada sebuah peristiwa yg sampai saat ini masih saja membekas dalam ingatan tentang Habib Luthfi bin Yahya. Malam itu, ketika aku duduk berdesak-desak dengan para

Lainnya

Kemenyan, Tradisi Yang Dilupakan

Banyak orang yg jika mendengar kata “kemenyan” persepsinya langsung ke urusan mistis, horor, supranatural. Padahal jika Anda adalah orang yg tumbuh besar di kalangan tradisi

Adab

Pentingnya Adab dalam Beribadah

Setiap ibadah yg tidak dibarengi dengan adab (kesopanan), maka ibadah itu sedikit sekali manfaatnya. Sementara para Masyayikh Sufi telah bersepakat, bahwa seorang hamba dengan ibadahnya

Nasihat

Malam Bersama Mawlana Rumi

Tuhan berada dimana-mana. Dia juga hadir dlm setiap gerak. Namun, Tuhan tdk bisa ditunjuk ini dan itu. Sebab, Wajah-Nya terpantul dlm keseluruhan ruang. Walaupun sebenarnya

Nasihat

Menjemput Rahmat Allah Agar Selamat

JIKA INGIN TERBEBAS DARI WABAH INI MAKA JEMPUTLAH RAHMAT ALLAH ITU Kita perlu mengkoreksi kesalahan² dan dosa² di masa lalu, sebagaimana dalam sebuah hadits yang

Thariqat

Thariqah Umum & Thariqah Khusus

Thariqah/Tarekat yg umum dan tarekat yg khusus bisa kita lihat dan kita fahami berdasarkan konsep mujahadah dalam agama Islam seperti yg diutarakan oleh Ibn Khaldun

Tasawuf

Tentang Futuwwah

Suatu hari Mawlana Rumi meminta seorang muridnya menyiapkan teh untuk tamu. Setelah lama ditunggu murid itu tidak muncul dan Mawlana Rumi menemuinya di dapur. Murid

Silakan muat-ulang halaman.
Lainnya

Antara Pikiran dan Tenang

Yg ini agak ringan, jadi saya menulisnya cukup santai. Begini, mungkin sebagian dari kita menganggap,

Lainnya

Belajar Menyadari

Kesadaran yg saya bahas ini kata benda, bukan kata kerja. Kesadaran juga bagian dari tubuh

Thariqat

Bertarekat Itu Adalah Ciri Orang Mukmin

طَرِيقُ الوُصُولِ إِلَى الله Tarekat Wushul kepada Allah. وَإِنَّ السَّيْرَ في طَرِيقِ الوُصُولِ إِلَى اللهِ

Nasihat

Tanda Amal Diterima

“Siapa yang merasakan buah amalnya di dunia maka itu bukti bahwa amalnya diterima di akhirat.”

Lainnya

Ngobrolin Gusti Allah

Intermezo, mbah. Keutamaan majelis dzikir itu sudah cetho welo-welo sekali disebut Kanjeng Nabi Muhammad SAW

Tasawuf

Tidak Ada Tasawuf Tanpa Syariah

Kalian tidak bisa memiliki tasawuf (ٱلتَّصَوُّف) tanpa ilmu, ilmu Syariah. Sekarang banyak sekali orang yang

Lainnya

Plato: Wali Qutub di Zamannya

Aku bertemu Aflatun (Platon), orang yang dituduh kafir oleh kalangan literalis. Aku melihat dia berada

Thariqat

Problem Umum bagi Murid Thariqat

وقد رأيت فقراء هذا العصر ابتلوا بخمسة أشياء: إيثار الجهل على العلم. الاغترار بكل ناعق.

Thariqat

Prinsip-Prinsip Thariqat

Secara Umum: Syaikh Dhiya’uddin Ahmad Mushthafa Al-Kumuskhanawi di dalam kitab Jami’ al-Usul fi al-Awliya menjelaskan

Thariqat

Memperbanyak Dzikir

Wukuf Adadi, Dawuh Syekh Bahauddin Syah Naqsyabandi adalah awal martabat Ilmu Ladunni, atau bisa dikatakan

Thariqat

Renungan bagi Murid

Di antara syarat thariqat mu’tabarah adalah Syaikh Mursyid thariqat yg sanadnya bersambung sampai Rasulullah Saw.,

Lainnya

Kemenyan, Tradisi Yang Dilupakan

Banyak orang yg jika mendengar kata “kemenyan” persepsinya langsung ke urusan mistis, horor, supranatural. Padahal

Adab

Pentingnya Adab dalam Beribadah

Setiap ibadah yg tidak dibarengi dengan adab (kesopanan), maka ibadah itu sedikit sekali manfaatnya. Sementara

Nasihat

Malam Bersama Mawlana Rumi

Tuhan berada dimana-mana. Dia juga hadir dlm setiap gerak. Namun, Tuhan tdk bisa ditunjuk ini

Tasawuf

Tentang Futuwwah

Suatu hari Mawlana Rumi meminta seorang muridnya menyiapkan teh untuk tamu. Setelah lama ditunggu murid

Silakan muat-ulang halaman.
Share via
Copy link
Powered by Social Snap