Menurut Khwaja Syaikh Baha’uddin an-Naqsyabandi qs.
ŁŁŲ§Ł ŲØŲ¹Ų¶ Ų§ŁŲ£ŁŲ§ŲØŲ± Ų“Ų±Ų§Ų Ų§ŁŲŁŁ
Ų§ŁŲ¹Ų·Ų§Ų¦ŁŲ©:
ŁŲ§Ł ŲŲ¶Ų±Ų© Ų®ŁŲ§Ų¬Ų© ŲØŁŲ§Ų” Ų§ŁŲÆŁŁ Ų§ŁŁŁŲ“ŲØŁŲÆŁ ŁŲÆŲ³ Ų³Ų±Ł:
Ų£ŁŲ±ŲØ Ų§ŁŲ·Ų±Ł Ų„ŁŁ Ų§ŁŁŁ Ų¹ŁŲÆŁŲ§ ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¬ŁŲÆ
ŁŲ„Ł ŁŲ§Ł Ų§ŁŲµŁŲ§Ł
ŁŲ§ŁŲµŁŲ§Ų© Ų·Ų±ŁŁŲ© Ų„ŁŁ Ų§ŁŲŲ¶Ų±Ų© Ų§ŁŲ£ŲŲÆŁŲ©Ų ŁŁŲ§ ŁŲŖŁ
Ų§ŁŁŲµŁŁ ŲØŁŲ§ Ų„ŁŲ§ ŲØŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¬ŁŲÆ
ŁŁŲ°ŁŁ ŁŲ§Ł Ų§ŁŲ³Ų§ŁŁ ŁŲ¬ŲÆ Ł
Ł Ų§ŁŁ
ŲÆŲÆ ŁŁ Ų§ŁŲØŲ§Ų·Ł ŁŲ§ŁŲøŲ§ŁŲ± Ł
Ų§ ŁŲ§ ŁŲ¬ŲÆŁ ŁŁ Ų§ŁŲµŁŁ
ŁŲ§ŁŲµŁŲ§Ų©
ŁŲ£ŁŁŲ§ ŲŖŁŁŁ ŁŲ¬ŁŲÆ Ų§ŁŲ³Ų§ŁŁ ŁŲŖŲ¶Ł
ŲŁ Ł
Ų¹ŁŲ§ Ų£ŁŲµŲ§ŁŁ ŁŁŲµŁŲ± Ų¹ŲØŲÆŲ© Ų®Ų§ŁŲµŲ© ŁŁ
ŁŁŲ§Ł ŁŲŖŲŁŁ Ų£ŁŲ·Ų§ŁŁ
ŁŁŲ§ ŲŖŁŲŖŁŲŖ Ų„ŁŁ Ų³Ų§Ų¦Ų± Ų£ŁŲ±Ų§ŲÆŁ Ł
Ų§ Ų¹ŲÆŲ§ Ų§ŁŁŲ§Ų¬ŲØŲ§ŲŖ ŁŲ§ŁŲ±ŁŲ§ŲŖŲØ.
Para Syaikh Pensyarah kitab Hikam Ibn ‘Atha’ yg agung menceritakan bahwa:
Hadlrah Khwaja Syaikh Baha’uddin an-Naqsyabandi qs. berkata:
– Cara wushul kepada Allah yg tercepat menurutku adalah “melenyapkan wujud (ke-aku-an).”
– Walaupun shalat dan puasa adalah cara wushul pada “hadrah ahadiyah” namun ke-wushul-an tidak bisa sempurna jika belum melenyapkan wujud.
– Perpaduan “madad” batin maupun lahir (melenyapkan wujud) inilah yg tidak ditemukan seorang salik dalam shalat dan puasa.
– Perpaduan “madad” inilah yg menyucikan ke-aku-an salik, sekaligus meluluh-lantakkan sifatĀ² kemakhlukan dan menjadikan salik sebagai “hamba hakiki” yg layak menjadi persembahan dan menerima kelembutan istimewa dari “Tuannya”.
Maka, janganlah engkau berpaling dengan mempersembahkan wiridĀ²mu hanya sebatas menunaikan kewajiban dan aktivitas yg menyertai kewajiban saja.
Kosa kata (mufradÄt):
– khwaja = Guru Sufi
– wushul = sampai tujuan
– hadlrah ahadiyah = kedudukan mulia di “hadapan Allah”
– al-wujÅ«d = wujud (ke-aku-an)
– madad = transfer anugerah dari Allah Ta’ala melalui ruhani kekasih-Nya/Guru Mursyid
di kutip dari Kitab Jami’ul Ushul fil Auliya’
Peran Politik Kaum Sufi
Kecuali pada abad-abad terakhir, orang-orang