Hikmah 37

Hikmah 37 dlm al-Hikam:

مَااسْتُوْدِعَ فِي غَيْبِ السَّرَائِرِظَهَرَ فِي شَهَادَةِ الظَّوَاهِرِ.

Apa yg tersembunyi dalam rahasia ghaib, yaitu yg berupa nur Ilahi dan makrifat, pasti akan tampak bekas (pengaruhnya) pada anggota lahir.

Abu Hafsh berkata: “Bagusnya adab kesopanan lahir, membuktikan adanya adab yg di dalam batin.”

Rasulullah Saw. ketika melihat seorang yg main² tangannya ketika shalat, maka Rasulullah Saw. bersabda:

“Andaikan khusyuk hati orang itu, niscaya khusyuk semua anggota badannya.”

Abu Thalib al-Makki berkata: “Allah telah menunjukkan tanda bukti seorang kafir, yaitu bila disebut nama Allah saja mereka mengejek dan enggan tidak mau menerima.”

Firman Allah Ta’ala:

وَإِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَحْدَهُ اشْمَأَزَّتْ قُلُوبُ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالْءَاخِرَةِ ۖ وَإِذَا ذُكِرَ الَّذِينَ مِنْ دُونِهِۦٓ إِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُونَ

Dan apabila hanya nama Allah saja disebut, kesallah hati orang² yg tidak beriman kepada kehidupan akhirat; dan apabila nama sembahan² selain Allah yg disebut, tiba² mereka bergirang hati. (QS. Az-Zumar: 45)

Di dalam ayat ini Allah menyatakan sendiri perbedaan antara jiwa orang mukmin yg merasa puas jika dikatakan kepadanya. Ini dari Allah, sedang orang kafir tidak merasa puas, bahkan keberatan kepadanya sesuatu terjadi semata² karena kekuasaan dan kehendak Allah. Dan ini pula perbedaan antara Iman tauhid dengan syirik.

Syaikh Abdullah as-Syarqawi mensyarah:

Makrifat dan cahaya Ilahi yg ditetapkan Allah di dalam hati seseorang pasti akan muncul pada penampilan lahirnya, pada wajah dan anggota tubuh lainnya. Ini adalah tanda untuk mengenali keadaan seorang murid menuju Allah, karena tampilan lahir adalah cermin dari keadaan batin. Bagi orang² yg ingin berteman dan berkumpul dengan seorang murid, penampilan lahirnya ini bisa menjadi pertanda. Wallaahu a’lam

Mulai perjalanan Tasawuf Anda sekarang.

Dengan panduan Guru Sufi (Murysid) di atas Jalan (Tarekat) Naqsyabandiyah Al-Khalidiyah.

PENGENALAN

KONTAK PERSON

Abangda Teguh
Baitul Fatih, Sidoarjo

Abangda Fariz
Baitul Malik, Depok

Mulai perjalanan Tasawuf Anda sekarang.

Dengan panduan Guru Sufi (Murysid) di atas Jalan (Tarekat) Naqsyabandiyah Al-Khalidiyah.

PENGENALAN

KONTAK PERSON

Abangda Teguh
Baitul Fatih, Sidoarjo

Abangda Fariz
Baitul Malik, Depok