174. Kewajiban Salik Tarekat Sanusiyah

Kewajiban salik Tarekat Sanusiyah untuk melakukan dakwah berpegang pada beberapa pedoman. 

  1. Menyampaikan wahyu Allah kepada manusia, meliputi menjelaskan dasar-dasar dan kaidah agama kepada manusia, menjelaskan nash, Al-Qur’an dan Hadis dengan metode ulama salaf al-shalih.

Mengumpulkan manusia dalam Islam dan memberi pemahaman dan mendorong beramal, berdakwah pada semua lapisan masyarakat baik muslim atau non muslim, memberi penjelasan kepada masyarakat umum tentang bahaya-bahaya yang dihadapi.

  1. Mendidik manusia untuk membersihkan jiwa mereka yaitu mengganti amal jelek dengan amal yang baik.
  2. Mengajarkan Al-Qur’an dan ilmu hikmah kepada manusia (al-Harakah al-Sanusiyyah fî Lîbiyâ, halaman 90-91).

Murid-murid Muhammad Sanusi

Murid-murid Syaikh Muhammad Sanusi yang memimpin zawiyah diantaranya adalah:

  1. Muhammad Abdullah al-Tawati, beliau diberi mandat untuk mengelola zawiyyah (pondok sufi) di Yaman, Libiya, dan Hija
  2. Ahmad Abû Qhasim al-Tawati, beliau berasal dari Aljazair, diberi wewenang untuk mengelola Zawiyyah Siwah, Jaitun, Fazan.
  3. Syaikh Ali bin Abdul Maula, beliau dari Tunisia yang diberi wewenang untuk mengelola Zawiyyah Jaghbub.
  4. Ahmad bin Farajullah, beliau dari Tha
  5. Muhammad bin Syafi’(w. 1324 H), beliau dari Sudan. Beliau diberi wewenang untuk mengelola Zawiyyah Madinah dan orang yang mengawasi seluruh zawiyyah di wilayah Hijaz dan Libiya.
  6. Ahamd al-Mukrahi(w. 1263 H), beliau dari Tharablis yang menjadi hakim pada masa dinasti Bani U
  7. Imran bin Barakah al-Fituri(w. 1310 H), beliau dari Jali Beliau diberi wewenang mengelola Zawiyyah al-Baidha’.
  8. Abdul bin Muhammad al-Sinni, beliau dari Sudan diberi wewenang untuk mengelola Zawiyyah Mazdah.
  9. Falih al-Zhahiri(w. 1328 H), beliau dari daerah al-Hamra.
  10. Abdur Rahim bin Ahmad al-Mahbûb(w. 1305 H).
  11. Husain al-Gharyani, beliau diberi wewenang untuk mengelola Zawiyyah al-Baidha’ kemudiam mengelolah Zawiyyah Janzur. Beliau wafat di Zawiyyah Janzur.
  12. Ahmad bin Abd al-Qadir al-Rifi(Jaghbub W.1329 H/1911 M) beliau dari Tilmisan kota Fas
  13. Muhammad al-Shodiqbeliau dari Thoif diberi wewenang untuk mengelola Zawiyah Tunisia
  14. Muhammad bin Musthofa Hamid al-Madanibeliau dari Tilmisan, diberi wewenang untuk mengelola Zawiyah Tazrobu
  15. Umar Muhammad al-Asyhabbeliau dari Zalithon, diberi wewenang untuk mengelola Zawiyah Darnah dan Marroh kemudian dipindah ke Zawiyah Musawwis dan dikebumikan di sini.
  16. Mushthofa al-Mahjubbeliau diberi wewenang untuk mengelola Zawiyah Baidlok pada tahun 1258 H, kemudian dipindah untuk mengelola Zawiyah Tîlamûn
  17. Ahmad bin Ali Abu al-Saif(W.1294 H), beliau bersal dari desa Thorobilis, diberi wewenang pekerjaan yang banyak diantaranya adalah mengajar, memimpin Zawiyah Musawwis, Ma
  18. Abu Qosim al-‘Isawi, beliau diberi wewenang Zawiyah Rojban.
  19. Muhammad Ibrahim al-Ghomaribeliau diberi kekuasaan Zawiyah Baidlok.
  20. Ibrohim Al-Ghomari, beliau diberi wewenang Zawayah Diryanah
  21. Musthofa al-Ghomari, beliau diberi wewenang Zawiyah Diryanah
  22. Umar Abu Hawak al-Fudhail Aujali, beliau diberi wewenang Zawiyah al-Jauf di wilayah Wahah
  23. Musthofa al-Dardafi, beliau diberi wewenang Zawiyah Syahat.
  24. Muhammad bin Hamdi al-Ilanibeliau diberi wewenang memimpin dibeberapa majlis
  25. Muhammad Ahmad al-Sakuribeliau diberi wewenang Zawiyah al-Wahat al-Bahriyah pada masa al-Mahdi Sanusi diberi wewenang Zawiyah al-Marot
  26. Al-Murtadlo Farkasybeliau diberi wewenang mengelolah Zawiyah satu ke Zawiyah lainnya.
  27. Abu Saif Muqrob
  28. Al-Hussen al-Halafibeliau diberi wewenang Zawiyah al-Mukhoili
  29. Al-Mukhtar bin Amrbeliau diberi wewenang Zawiyah Kofnathoh
  30. Umar Jalghof Khudusbeliau diberi wewenang memimpin Majlis di Zawiyah Baidlok
  31. Muhammad Jidar al-Ghunibeliau diberi wewenang mengajar Al-Qur’an.
  32. Al-Fudhail Abu Khoriz Al-Kuzzah

Putera Syaikh Muhammad bin Ali As-Sanusi Mustaghanim, bernama Sanusi Muhammad al-Mahdi (w.1901) memindahkan pusat tarekat ke Kufrah, karena letaknya lebih strategis, peristiwa ini terjadi pada tahun 1895. Kemudian pindah lagi ke daerah Guro setelah itu kembali lagi ke Kufrah. Setelah beliau wafat pimpinan Tarekat Sanusiyah digantikan oleh keponakannya yang bernama Ahmad al-Syarif.

Tarekat ini disebarluaskan melalui pondok atau surau yang dipimpin oleh muqaddim (kepala tarekat) dan wakilnya. Para pejabat ini mempunyai wibawa yang besar di hadapan anggotanya dan masyarakat luas.

Selain berdakwah, untuk masyarakat Islâm, Tarekat Sanusiayah juga berdakwah ke beberapa suku Afrika yang masih menyembah berhala, seperti suku Baele di Negeri Ennedi (sebelah timur Borku) dan suku Tedas di Tu atau Tibesti (Gurun Sahara selatan Fezzan). Tarekat ini juga berhasil mengislamkan masyarakat di negeri Galla.

Tarekat ini memiliki rumah peribadatan yang tersebar mulai dari Mesir sampai kepedalaman Maroko dan ke daerah Oase di Gurun Sahara dan Sudan. Pengikut baru juga datang dari luar Afrika Utara. Tarekat Sanusiyah juga masuk ke Senegal, Gambia dan Somalia melalui Sudan. Pengaruh tarekat ini juga terdapat di Mekah, Madinah, Irak, Iran, dan bahkan sampai Indonesia dan Malaysia.

Tarekat ini lebih mengedepankan akhlak di masyarakat, juga berusaha memajukan kondisi fisik dengan jalan mengembangkan penanaman oase yang lebih baik, menggali sumur-sumur baru, mendirikan tempat-tempat peristirahatan sepanjang jalan-jalan kafilah dan memajukan peniagaan. Disamping itu juga mendirikan sekolah-sekolah dan tempat tinggal di daerah oase.

Budak-budak yang sudah dimerdekakan dididik di Jagbub dan setelah dibekali ilmu pengetahuan agama mereka dipulangkan ke kampung halamannya untuk berdakwah di kalangan familinya.

Selain dibidang dakwah tarekat ini juga berperan dalam bidang politik. Lebih dari setengah abad tarekat ini menjadi kekuatan besar yang  diperhitungkan oleh berbagai kolonial barat, seperti  Inggris, Perancis, dan Italia.

Bahkan berdirinya negara Libya adalah merupakan hasil dari perjuangan dari tarekat Sanusiyah. Libya adalah satu-satunya negara yang dibentuk olah persudaraan tarekat (mistik).

Tarekat ini juga mengajak jutaan orang primitif Nigeria di bagian barat dan tengah Afrika untuk masuk Islam. Bahkan sampai di Afrika barat juga banyak orang-orang nasrani yang masuk Islam.

Sumber: Alif.ID

Sabilus Salikin

Mulai Perjalanan

Mulai perjalanan ruhani dalam bimbingan Mursyid Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah, Sayyidi Syaikh Ahmad Farki al-Khalidi qs.

Buku Lain

Rekomendasi

Di sejumlah pesantren salafiyah, buku ini (Tanwir al-Qulub) biasanya dipelajari bersamaan dengan kitab-kitab fikih. Yang sedikit membedakan, kitab ini ditulis oleh seorang pelaku tarekat sekaligus mursyid dari tarekat Naqsyabandiyah.

It seems we can't find what you're looking for.
It seems we can't find what you're looking for.

Cara Wushul Tercepat

Menurut Khwaja Syaikh Baha’uddin an-Naqsyabandi qs. وقال بعض الأكابر شراح الحكم العطائية:قال حضرة خواجة بهاء…

Gelas yang Bersih

Seseorang bertanya, “Jika saya berdosa, lalu beristighfar, apakah kondisi saya sama dengan sebelum berdosa?” Alfaqir…

Hedonic Threadmill

Manusia pada hakikatnya diciptakan oleh Allah Ta’ala dengan tujuan sangat mulia yaitu untuk mengabdi pada-Nya,…
All articles loaded
No more articles to load
It seems we can't find what you're looking for.

Mengenal Yang Mulia Ayahanda Guru

Sayyidi Syaikh Kadirun Yahya Muhammad Amin al-Khalidi qs.

Silsilah Kemursyidan

Dokumentasi

Download Capita Selecta

Isra' Mi'raj (Rajab)

26 Jan - 05 Feb

Ramadhan

30 Mar - 09 Apr

Hari Guru & Idul Adha

20 Jun - 30 Jun

Muharam

27 Jul - 06 Ags

Maulid Nabi

28 Sep - 08 Okt

Rutin

30 Nov - 10 Des

All articles loaded
No more articles to load
All articles loaded
No more articles to load
All articles loaded
No more articles to load

Kontak Person

Mulai perjalanan ruhani dalam bimbingan Mursyid Thariqat Naqsyabandiyah Khalidiyah, Sayyidi Syaikh Ahmad Farki al-Khalidi qs.

Abangda Teguh

Kediri, Jawa Timur

Abangda Tomas

Pangkalan Bun 

Abangda Vici

Kediri, Jawa Timur

WhatsApp
Facebook
Telegram
Twitter
Email
Print

Daftar Isi

Copy link
Powered by Social Snap