Dlm Minahus Saniyyah:
Wasiat 17. Jangan Meninggalkan Dzikir
ŁŁŲ§ ŲŖŲŖŲ±Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ±
(ŁŁŲ„ŁŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁ ŁŲÆŁŲ©Ł Ų§ŁŲ·ŁŁŲ±ŁŁŁŁŁ ŁŁŲ£ŁŁŁŲØŁŲ±Ł Ł ŁŁŁ Ų§ŁŲµŁŁŁŁŲ§Ų©Ł)
Dan janganlah engkau meninggalkan dzikir,
(karena sesungguhnya dzikir adalah sandaran utama dalam menempuh jalan menuju Allah lebih utama daripada shalat).
ŁŲ§Ł Ų§ŁŲ£Ų³ŲŖŲ§Ų° Ų£ŲØŁ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŲÆŁŲ§Ł Ų±ŲŁ Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : “Ų§ŁŲ°ŁŲ± Ų±ŁŁ ŁŁŁ ŁŁ Ų·Ų±ŁŁ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ” ŲØŁ ŁŁ Ų§ŁŲ¹Ł ŲÆŲ© ŁŁ ŁŲ°Ų§ Ų§ŁŲ·Ų±ŁŁŲ ŁŁŲ§ ŁŲµŁ Ų£ŲŲÆ Ų„ŁŁ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ Ų„ŁŲ§ ŲØŲÆŁŲ§Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± .
Al-Ustadz Abu āAliy Ad-Daqqaq rahimahullahu Taāala berkata; āDzikir adalah unsur yg paling kuat dalam menempuh jalan menuju Allah Taāalaā. Bahkan dzikir merupakan sandaran utama dalam jalan ini. Dan seseorang tidak akan sampai menuju Allah Taāala kecuali dengan terus-menerus berdzikir.
ŁŁŲ§Ł Ų§ŁŲ“ŁŲ® Ų£ŲØŁ Ų§ŁŁ ŁŲ§ŁŲØ Ų§ŁŲ“Ų§Ų°ŁŁ Ų±ŲŁ Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : Ų„ŁŁ Ų§ ŁŲ§Ł Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ Ų£ŁŲØŲ± Ł Ł Ų§ŁŲµŁŲ§Ų© ŁŲ£Ł Ų§ŁŲµŁŲ§Ų© ŁŲ„Ł ŁŲ§ŁŲŖ Ų¹ŲøŁŁ Ų©Ų ŁŁŲÆ ŁŲ§ ŲŖŲ¬ŁŲ² ŁŁ ŲØŲ¹Ų¶ Ų§ŁŲ£ŁŁŲ§ŲŖ ŲØŲ®ŁŲ§Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ±Ų ŁŲ„ŁŁ Ł Ų³ŲŖŲÆŲ§Ł ŁŁ Ų¹Ł ŁŁ Ų§ŁŲŲ§ŁŲ§ŲŖ .
Syaikh Abu Al-Mawahib As-Syadzili rahimahullahu Taāala berkata; āDzikir lebih utama daripada shalat, karena walaupun shalat itu merupakan perkara yg agung, shalat terkadang dilarang dalam waktuĀ² tertentu, berbeda dengan dzikir, sesungguhnya dzikir selamanya diperintahkan dalam setiap keadaanā.
ŁŁŲ§Ł Ų£ŁŲ¶Ų§ : Ų§Ų®ŲŖŁŁŁŲ§ Ų£ŁŁ Ų§ Ų£ŁŲ¶Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± Ų³Ų±Ų§ Ų£Ł Ų¬ŁŲ±Ų§Ų ŁŲ§ŁŲ°Ł Ų£ŁŁŁ ŲØŁ Ų£Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± Ų¬ŁŲ±Ų§ Ų£ŁŲ¶Ł ŁŁ Ł ŲŗŁŲØŲŖ Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŲ© Ł Ł Ų£ŁŁ Ų§ŁŲØŲÆŲ§ŁŲ©Ų ŁŲ§ŁŲ°ŁŲ± Ų³Ų±Ų§ Ų£ŁŲ¶Ł ŁŁ Ł ŲŗŁŲØŲŖ Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŲ¬Ł Ų¹ŁŲ© Ł Ł Ų£ŁŁ Ų§ŁŁŁŲ§ŁŲ© .
Beliau juga berkata; āPara āulama berbeda pendapat tentang berdzikir yg lebih utama, apakah berdzikir secara samar atau berdzikir dengan suara keras?. Mengenai hal itu aku akan mengemukakan suatu pernyataan; Bahwa berdzikir dengan suara keras adalah lebih utama bagi orang yg terkalahkan oleh suatu kekuatan dari kalangan pemula, dan berdzikir dengan suara keras adalah lebih utama bagi orang yg mampu mengalahkan suatu keramaian dari kalangan orangĀ² yg telah mencapai maqam puncakā.
ŁŁŲ§Ł Ų£ŁŲ¶Ų§ : Ų£ŁŲ¶Ł ŲµŁŲŗ Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŁŁŁ Ų±ŁŲÆ ŁŁŁ “ŁŲ§ Ų„ŁŁ Ų„ŁŲ§ Ų§ŁŁŁ” Ł Ų§ ŲÆŲ§Ł ŁŁ ŁŁŁŲ ŁŲ„Ų°Ų§ ŁŁŁŲŖ Ų£ŁŁŁŲŖŁ ŁŲ§Ł Ų°ŁŲ± Ų§ŁŲ¬ŁŲ§ŁŲ© Ų£ŁŁŲ¹ ŁŁŲ ŁŲ£Ł Ł Ų§ ŲŖŁ ŁŁŲ§Ł Ł Ų§ ŁŲŗŁŁ ŲŁŁŁŲ© Ų ŁŲ§ŁŁŁ .
Beliau (Syaikh Abu Al-Mawahib As-Syadzili rahimahullahu Taāala) juga berkata; āBentuk dzikir yg paling utama bagi murid adalah kalimat āLAA ILAAHA ILLALLAAHā selama hawa nafsunya masih bersemayam dalam hatinya, bila telah sirna, maka berdzikir dengan kalimat Jalalah (ALLAH) adalah lebih bermanfaat baginya, karena sesuatu yg telah sempurna pada hakikatnya merupakan perkara yg telah cukupā. Fahamilah!
(ŁŁ) Ų§Ų¹ŁŁ Ų£Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± (Ł ŁŁŁŲ³ŁŁŁŲØŁ Ų§ŁŁŁŁŁŁŲ§ŁŁŲ©Ł) Ų£Ł Ł Ų±Ų³ŁŁ Ł Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁŲ¹ŲØŲÆ ŁŁ Ų±Ų§Ų³Ł Ł ŁŁŁ Ų§ŁŲÆŁŁŲ§ ŲØŲ§ŁŁŲøŲ§Ų¦Ł ŁŁŁŁ Ų§ŁŁ Ų«Ł Ų§ŁŲ£Ų¹ŁŁ ŁŁ Ł ŁŁŁ ŁŲÆŁŲ§Ł Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁŲÆ Ų£Ų¹Ų·Ł Ų§ŁŁ Ų±Ų³ŁŁ ŲØŲ£ŁŁ ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁ Ł Ų³ŁŲØ Ų°ŁŁ ŁŁŲÆ Ų¹Ų²Ł Ų¹Ł Ų§ŁŁŁŲ§ŁŲ© Ų ŁŲ§ŁŁŁ .
Ketahuilah bahwa (dzikir merupakan tandaĀ² kewalian), maksudnya merupakan ciriĀ² kewalian yg Allah Taāala berikan kepada seorang hamba sebagaimana ciriĀ² raja di bumi berupa kedisiplinan, dan Allah mempunyai shifat Yang Maha Tinggi. Barangsiapa yg mendapatkan pertolongan untuk terus-menerus berdzikir kepada Allah Taāala, maka ia benarĀ² diberi tanda bahwa ia adalah wali Allah Taāala, dan barangsiapa yg terhalang dari berdzikir secara terus-menerus, maka ia benarĀ² terlepas dari kewalian. Fahamilah!
(ŁŁ) Ų§Ų¹ŁŁ Ų£Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± (Ų£ŁŲ³ŁŲ±ŁŲ¹Ł ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŁŲŖŁŲŁ Ł ŁŁŁ Ų³ŁŲ§Ų¦ŁŲ±Ł Ų§ŁŁŲ¹ŁŲØŁŲ§ŲÆŁŲ§ŲŖŁ)
Dan ketahuilah bahwa (dzikir merupakan kunci yg paling cepat dalam membuka hati daripada ibadahĀ² lainnya).
ŁŲ§Ł Ų³ŁŲÆŁ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŁ Ų±ŲµŁŁ Ų±ŲŁ Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : ŁŲÆ Ų¹Ų¬Ų² Ų§ŁŲ£Ų“ŁŲ§Ų® ŁŁŁ ŁŲ¬ŲÆŁŲ§ ŁŁŁ Ų±ŁŲÆ ŲÆŁŲ§Ų” Ų£Ų³Ų±Ų¹ ŁŁ Ų¬ŁŲ§Ų” ŁŁŲØŁ Ł Ł Ł ŲÆŲ§ŁŁ Ų© Ų§ŁŲ°ŁŲ±Ų ŁŲŁŁ Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŁŁ Ų§ŁŲ¬ŁŲ§Ų” ŁŁŁŁŲØ ŁŲŁŁ Ų§ŁŲŲµŁ ŁŁ Ų§ŁŁŲŲ§Ų³Ų ŁŲŁŁ ŲŗŁŲ± Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŁŁ Ų³Ų§Ų¦Ų± Ų§ŁŲ¹ŲØŲ§ŲÆŲ§ŲŖ ŁŲŁŁ Ų§ŁŲµŲ§ŲØŁŁ ŁŁ Ų§ŁŁŲŲ§Ų³Ų ŁŲ°ŁŁ ŁŲŲŖŲ§Ų¬ Ų„ŁŁ Ų·ŁŁ Ų²Ł Ł .
Tuanku āAliy Al-Murshifi rahimahullahu Taāala berkata; āPara guru (thariqat) merasa kesulitan, mereka tidak menemukan obat yg lebih manjur dalam membersihkan hati muridĀ²nya daripada dzikir secara terus-menerus. Dengan begitu, fungsi dzikir dalam hal membersihkan hati sama seperti fungsi kerikil dalam hal membersihkan tembaga, dan ibadahĀ² selain dzikir bagaikan sabun dalam hal membersihkan tembaga, ia membutuhkan waktu lama untuk dapat membersihkannyaā.
ŁŁŲ§Ł Ų£ŁŲ¶Ų§ : Ų§ŁŲ³Ų§ŁŁ Ł Ł Ų·Ų±ŁŁ Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŁŲ§ŁŲ·Ų§Ų¦Ų± Ų§ŁŁ Ų¬ŲÆ Ų„ŁŁ ŲŲ¶Ų±Ų§ŲŖ Ų§ŁŁŲ±ŲØŲ ŁŲ§ŁŲ³Ų§ŁŁ Ł Ł ŲŗŁŲ± Ų·Ų±ŁŁ Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŁŲ§ŁŲ²Ł Ł Ų§ŁŲ°Ł ŁŲ²ŲŁ ŲŖŲ§Ų±Ų© ŁŁŲ³ŁŁ Ų£Ų®Ų±Ł Ł Ų¹ ŲØŲ¹ŲÆ Ų§ŁŁ ŁŲµŲÆ ŁŲ±ŲØŁ Ų§ ŁŲ·Ų¹ Ł Ų«Ł ŁŲ°Ų§ Ų¹Ł Ų±Ł ŁŁŁ ŁŁŁ ŁŲµŁ Ų„ŁŁ Ł ŁŲµŲÆŁ .
Beliau juga berkata; āOrang yg menempuh jalan menuju Allah Taāala (Salik) melalui jalur dzikir laksana burung yg terbang cepat menuju hadirat yg dekat, sedangkan Salik melalui jalur selain dzikir bagaikan orang yg lumpuh, sekali waktu merangkak dan sekali waktu diam, sementara tujuannya sangat jauh, maka terkadang ia dapat menghabiskan seluruh masa hidupnya namun tidak pernah berhasil mencapai tujuanā.
ŁŲ£Ų¬Ł Ų¹ŁŲ§ Ų¹ŁŁ Ų£Ł Ų§ŁŁŲŖŲ ŁŁ Ų§ŁŁŁŁ Ų£ŁŲ±ŲØ Ł ŁŁ ŁŁ Ų§ŁŁŁŲ§Ų±Ų
Para āulama sepakat bahwa terbukanya hati di waktu malam lebih cepat daripada di waktu siang.
ŁŁŲ§ŁŁŲ§ : ŁŁ Ł Ł ŁŁ ŁŲ°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ Ł Ł ŲŗŲ±ŁŲØ Ų§ŁŲ“Ł Ų³ Ų„ŁŁ Ų§ŁŲµŲØŲ§Ų ŁŁ Ł Ų¬ŁŲ³ ŁŲ§ŲŲÆ Ł Ų§ Ų¹ŲÆŲ§ ŁŁŲŖ Ų§ŁŲµŁŲ§Ų© ŁŁŲ§ ŁŲ¬ŁŲ” Ł ŁŁ Ų“ŁŲ” ŁŁ Ų§ŁŲ·Ų±ŁŁŲ
Mereka berkata; Setiap orang yg tidak berdzikir kepada Allah Taāala sejak terbenamnya matahari hingga shubuh dalam satu majlis selain waktu shalat, maka ia tidak akan mencapai sesuatu pun dalam perjalanannya.
ŁŁŲ§ŁŁŲ§ : Ł Ł ŁŁ ŁŲŲµŁ ŁŁ Ł Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŲŲ§Ł ŁŁŁ ŁŲŲ¶ŁŲ± Ł Ų¹ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁŁŲ³ ŁŁ ŁŲ·Ų¹ Ų§ŁŁ Ų¬ŁŲ³ . ŁŲ§ŁŁŁ .
Dan mereka berkata; āBarangsiapa yg berdzikir, namun tidak menghasilkan kekuatan hati dan hadirnya hati bersama Allah Taāala, maka tidak ada pilihan baginya untuk berhenti berdzikirā. Fahamilah!
(ŁŁ) Ų§Ų¹ŁŁ Ų£ŁŁ (ŁŁŲ§ ŁŁŲµŁŁŁ Ų£ŁŲŁŲÆŁ Ų„ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲŁŲ¶ŁŲ±ŁŲ©Ł) Ų§ŁŲ„ŁŁŁŲ© (Ų„ŁŁŁŁŲ§ ŲØŁŁŁ) Ų£Ł ŲØŲ§ŁŲ°ŁŲ± .
Ketahuilah bahwa (seseorang tidak akan mencapai hadirat Ilahi kecuali dengan dzikir).
ŁŲ§Ł Ų³ŁŲÆŁ Ų£ŲØŁ Ų§ŁŁ ŲÆŁŁ Ų§ŁŲŖŁŁ Ų³Ų§ŁŁ Ų±ŲŁ Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : Ł Ł ŲÆŲ§Ł ŲŖ Ų£Ų°ŁŲ§Ų±Ł ŲµŁŲŖ Ų£Ų³Ų±Ų§Ų±ŁŲ ŁŁ Ł ŲµŁŲŖ Ų£Ų³Ų±Ų§Ų±Ł ŁŲ§Ł ŁŁ ŲŲ¶Ų±Ų© Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲ±Ų§Ų±Ł ŁŲ„ŁŲ¶Ų§Ų Ų°ŁŁ Ų£Ł Ų§ŁŲŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲ§ ŁŁŲ±ŲØ Ų„ŁŁ ŲŲ¶Ų±ŲŖŁ Ų„ŁŲ§ Ł Ł Ų§Ų³ŲŖŲŁŲ§ Ł ŁŁ ŲŁ Ų§ŁŲŁŲ§Ų”Ų ŁŁŲ§ ŁŲµŲ ŁŲ£ŲŲÆ Ų£Ł ŁŲ³ŲŖŲŁ ŁŲ°ŁŁ Ų„ŁŲ§ Ų„Ł ŲŲµŁ ŁŁ Ų§ŁŁŲ“Ł ŁŲ±ŁŲ¹ Ų§ŁŲŲ¬Ų§ŲØŲ ŁŁŲ§ ŁŲµŲ ŁŁ Ų§ŁŁŲ“Ł ŁŲ±ŁŲ¹ Ų§ŁŲŲ¬Ų§ŲØ Ų„ŁŲ§ ŲØŁ ŁŲ§Ų²Ł Ų© Ų§ŁŲ°ŁŲ±Ų ŁŁŲ°Ų§ Ų·Ų±ŁŁ ŁŲµŁ ŲØŁŲ§ Ų§ŁŁ Ų±ŁŲÆ ŲØŲ³Ų±Ų¹Ų©Ų ŁŲ§ŁŁ Ų±Ų§ŲÆ ŲØŲŲ¶Ų±Ų© Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲŁŲ« Ų£Ų·ŁŁŲŖ ŁŁ ŁŲ³Ų§Ł Ų§ŁŁŁŁ : Ų“ŁŁŲÆ Ų§ŁŲ¹ŲØŲÆ Ų£ŁŁ ŲØŁŁ ŁŲÆŁ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁ Ų§ ŲÆŲ§Ł ŁŲ°Ų§ Ł Ų“ŁŲÆŁ ŁŁŁ ŁŁ ŲŲ¶Ų±Ų© Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁŲ ŁŲ„Ų°Ų§ ŲŲ¬ŲØ Ų¹Ł ŁŲ°Ų§ Ų§ŁŁ Ų“ŁŲÆ ŁŁŲÆ Ų®Ų±Ų¬ Ł ŁŁŲ§ . ŁŲ§ŁŁŁ .
Tuanku Abu Madin At-Tilmisani rahimahullahu Taāala berkata; āBarangsiapa yg terus menerus berdzikir, maka hatinya akan menjadi bening, dan barangsiapa yg bening hatinya, ia senantiasa berada di hadirat Allah Taāalaā. Lebih jelasnya yaitu; Tidak akan dapat mendekat ke hadirat Allah Al-Haqq Taāala kecuali orang yg memiliki rasa malu kepada-Nya dengan malu yg sebenarĀ²nya, seseorang tidak akan memiliki rasa malu yg sebenarĀ²nya kecuali hatinya telah tersingkap dan hijabnya telah terangkat, dan seseorang tidak akan tersingkap hatinya dan hijabnya tidak akan terangkat kecuali dengan dzikir secara terus-menerus. Inilah jalan yg dapat mengantarkan seorang murid pada hadirat Allah Taāala dengan cepat. Adapun yg dimaksud dengan āHadlratillahi Taāalaā (hadirat Allah Taāala) sekiranya dilukiskan dengan kataĀ² adalah; Seorang hamba menyaksikan bahwa dirinya berada di hadapan Allah Taāala, maka selama hal ini menjadi penyaksiannya, selama itu pula ia berada di hadirat Allah Taāala, namun apabila ia terhalang dari penyaksian ini, maka ia telah keluar dari hadirat Allah Taāala. Fahamilah!
(ŁŁ) Ų§Ų¹ŁŁ Ų£ŁŁ (ŁŁŲ§ ŁŁŲŁŲµŁŁŁ) ŁŲ£ŲŲÆ (Ų§ŁŁŁŁŲ“ŁŁŁ ŁŁŲ§ŁŁŲ„ŁŲ®ŁŁŁŲ§ŲµŁ) Ų§ŁŁŲ§Ł Ł (Ų„ŁŁŁŁŲ§ ŲØŁŁŁ)
Ų£Ł ŲØŲ§ŁŲ°ŁŲ± ŁŁŲÆ ŲŖŁŲÆŁ Ų£Ł Ų§ŁŁŲ“Ł ŁŲ§ ŁŲŲµŁ Ų„ŁŲ§ ŲØŁ,
Dan ketahuilah bahwa (seseorang tidak akan mendapatkan kasyaf (tersingkapnya hati) dan ikhlas yg sempurna kecuali dengan dzikir).
Di atas telah dijelaskan bahwa kasyaf tidak akan di raih kecuali dengan dzikir.
ŁŲ§ŁŁŲ“Ł Ų¹ŁŁ ŁŁŲ¹ŁŁ : ŲŲ³ŁŲ ŁŲ®ŁŲ§ŁŁ . ŁŲ§ŁŲ®ŁŲ§ŁŁ : Ų£Ł ŁŲŗŁ Ų¶ Ų§ŁŲ¹ŲØŲÆ Ų¹ŁŁŁŁ Ų¹ŁŲÆ Ų±Ų¤ŁŲ© Ų“Ų®Ųµ Ų£Ł Ų±Ų¤ŁŲ© ŁŲ¹ŁŲ ŁŲ„Ł ŲØŁŁ ŁŁ Ų§ŁŁŲ“Ł ŁŁŁ Ų®ŁŲ§ŁŁŲ ŁŲ„Ł Ų²Ų§Ł ŁŁŁŲ¹ŁŁ Ų£Ł Ų§ŁŲ„ŲÆŲ±Ų§Ł ŁŲÆ ŲŖŲ¹ŁŁ ŲØŁ Ų§ ŁŲ§Ł Ł Ų®ŲµŁŲµŲ§Ų ŁŁ Ł ŁŲ“Ł ŁŁ Ų¹Ł Ų§ ŁŁŲ¹ŁŁ Ų§ŁŁŲ§Ų³ ŁŁ ŁŲ¹ŁŲ± ŲØŁŁŲŖŁŁ ŁŁŁ ŁŲ“Ł Ų“ŁŲ·Ų§ŁŁ ŁŲ¬ŲØ Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŲŖŁŲØŲ© Ł ŁŁ ŁŁŲ±Ų§Ų
Kasyaf ada dua macam, yaitu; Kasyaf Hissi dan kasyaf Khayali.
Kasyaf Khayali adalah seorang hamba yg memejamkan kedua matanya ketika melihat seseorang atau ketika melihat gerak gerik seseorang, apabila ia masih dapat melihatnya, maka itu adalah kasyaf khayali, dan apabila hilang dari penglihatannya (tidak dapat melihat apapun), maka ketahuilah bahwa penglihatannya memiliki hubungan dengan sesuatu yg khusus. Barangsipa yg mampu melihat apa yg dilakukan seseorang di dalam rumahnya, maka itu adalah kasyaf syaithaniyah, ia harus segera bertaubat dari kasyaf sesatnya itu.
ŁŲ„ŁŲ¶Ų§Ų ŁŁŁŁŁ : Ų§ŁŁŲ§Ł Ł ŁŲ§ ŁŲ“Ł ŁŁ Ų£Ł ŁŲ£ŁŁ Ł Ų“ŲŗŁŁ ŲØŲ£ŲÆŲ§Ų” Ų£ŁŲ§Ł Ų± Ų±ŲØŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ Ų§ŁŲŖŁ Ų¹ŁŁŁ ŁŁ ŁŁ ŁŁŲ³ ŁŁŲ§ ŲŖŲÆŲ¹Ł Ų§ŁŲ£ŁŲ§Ł Ų± Ų§ŁŁ ŲŖŁŲ¬Ł Ų„ŁŁŁ ŁŲŖŁŲ±Ųŗ ŁŲŗŁŲ±ŁŲ§ .
Penjelasan mengenai pernyataan āulama yg berupa; āInsan kamil tidak lagi memiliki kasyafā. Maksudnya; Karena ia disibukkan dengan menunaikan perintahĀ² Allah Taāala yg diwajibkan kepadanya dalam setiap hembusan nafasnya, sehingga perintahĀ² yg dihadapinya tidak menyisakan kesempatan sedikitpun untuk yg lainnya.
ŁŲ£Ł Ų§ ŁŁŁ Ų§ŁŲ„Ų®ŁŲ§Ųµ Ų§ŁŁŲ§Ł Ł ŁŲ§ ŁŲŲµŁ Ų„ŁŲ§ ŲØŲ§ŁŲ°ŁŲ± ŁŁŁ ŁŲ°ŁŁ ŁŁŲÆ Ų±ŁŁŁ ŁŁ Ų±Ų³Ų§Ų¦ŁŁŁ . ŁŁŲ§ŁŁŲ§ : Ų„Ł Ų£ŁŁ Ł Ų§ ŁŲŖŲ¬ŁŁ ŁŁŲ¹ŲØŲÆ Ų„Ų°Ų§ Ų§Ų“ŲŖŲŗŁ ŲØŲ§ŁŲ°ŁŲ± ŲŖŁŲŁŲÆ Ų§ŁŁŲ¹Ł ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲŖŁŲŁŲÆ Ų§ŁŁ ŁŁ ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲŖŁŲŁŲÆ Ų§ŁŁŲ¬ŁŲÆ ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁŲ ŁŲ„Ų°Ų§ ŲŖŲ¬ŁŁ ŁŁ ŲŖŁŲŁŲÆ Ų§ŁŁŲ¹Ł ŁŁŁ Ų®Ų±Ų¬ ŁŲ“ŁŲ§ ŁŁŁŁŁŲ§ Ų¹Ł Ų“ŁŁŲÆ ŁŁŁ Ų§ŁŁŲ¹Ł ŁŁ ŁŲ®Ų±Ų¬ ŲØŁ Ų£ŁŲ¶Ų§ Ų¹Ł Ų·ŁŲØ Ų§ŁŲ«ŁŲ§ŲØ Ų¹ŁŁŁ ŁŲ¹Ł Ų§ŁŁŲØŲ± ŁŲ§ŁŲ¹Ų¬ŲØ ŁŲ§ŁŲ±ŁŲ§Ų” ŁŲÆŲ®Ł ŁŁ ŁŲ¶Ų§Ų” Ų§ŁŲ„Ų®ŁŲ§Ųµ Ų§ŁŁŲ§Ł ŁŲ ŁŲ§ŁŁŁ .
Adapun yg dimaksud āIkhlas yg sempurna yg tidak akan didapatkan kecuali dengan dzikirā, para āulama telah meriwayatkannya dalam beberapa risalahnya. Dan mereka berkata; Sesungguhnya pertama-tama yg akan tampak bagi seorang hamba apabila menyibukkan diri dengan berdzikir adalah ke Esaan perbuatan bagi Allah Taāala, ke Esaan kekuasaan bagi Allah Taāala dan ke Esaan shifat wujud bagi Allah Taāala. Lalu ketika ke Esaan perbuatan bagi Allah Taāala telah tampak baginya, maka timbullah kasyaf dan keyaqinan akan penyaksian adanya perbuatan bagi-Nya, (adanya kekuasaan bagi-Nya dan adanya shifat wujud bagi-Nya), dan juga hilanglah tuntutan pahala kepada-Nya, kesombongan, āujub dan riyaā, hingga akhirnya ia memiliki keikhlasan yg sempurna. Fahamilah!
ŁŲ£ŁŲ«Ų± Ł Ł Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ (ŁŁŲ„ŁŁŁŁŁŁ ŲØŁŁŁ ŲŖŁŁŁŲ²ŁŁŁ Ų§ŁŲ±ŁŁŲŁŁ ŁŲ©Ł) ŁŲŲÆŁŲ« Ų§ŁŲ·ŲØŲ±Ų§ŁŁ : “ŁŲ§ ŁŁŲ¹ŲÆ ŁŁŁ ŁŲ°ŁŲ±ŁŁ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ Ų„ŁŲ§ ŲŁŲŖŁŁ Ų§ŁŁ ŁŲ§Ų¦ŁŲ© ŁŲŗŲ“ŁŲŖŁŁ Ų§ŁŲ±ŲŁ Ų© ŁŲ°ŁŲ±ŁŁ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁŁ Ł Ų¹ŁŲÆŁ”.
Dan banyakĀ²lah berdzikir kepada Allah Taāala, (karena dzikir dapat menyebabkan turunnya rahmat). Berdasarkan hadits riwayat Imam At-Thabrani; āTidaklah suatu kaum yg duduk berkumpul berdzikir kepada Allah Taāala, kecuali para malaikat akan mengelilingi mereka, dilimpahkan kepada mereka rahmat, dan Allah Taāala akan menyebut-nyebut mereka di hadapan para makhluk yg ada di sisi-Nyaā.
ŁŁŲ§ŁŁŲ§ : Ų£ŁŁ Ł Ų§ ŲŖŁŲ²Ł Ų§ŁŲ±ŲŁ Ų© Ų¹ŁŁ Ł Ų¬Ų§ŁŲ³ Ų§ŁŲ°ŁŲ±Ų ŁŲ§ŁŁŁ .
Dan para āulama berkata; āRahmat pertama-tama akan turun pada majlisĀ² dzikirā. Fahamilah!
(ŁŁ) Ų§Ų¹ŁŁ Ų£Ł ŲØŲ°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ (ŁŁŲ²ŁŁŁŁŁ Ų§ŁŁŲŗŁŁ ŁŁ) Ų§ŁŁŲ§ŁŲ¹ ŁŁŁŲ§Ų³ ŁŁ ŁŲ°Ł Ų§ŁŲÆŲ§Ų±Ų ŁŲ„Ł Ų§ŁŁŁ ŁŲ§ŁŲŗŁ ŁŁŁŲ§ Ų„ŁŁ Ų§ ŁŁ ŲØŁŲÆŲ± Ų§ŁŲŗŁŁŁ Ų¹Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁŲ ŁŁ Ł Ų£Ų±Ų§ŲÆ ŲÆŁŲ§Ł Ų§ŁŲ³Ų±ŁŲ± ŁŁŁŲÆŲ§ŁŁ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŲ°ŁŲ±Ų ŁŁŲ§ ŁŁŁŁ Ł Ų§ŁŲ¹ŲØŲÆ Ų„ŁŲ§ ŁŁŲ³Ł Ų„Ų°Ų§ ŲŖŲ±Ų§ŲÆŁŲŖ Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŁ ŁŲ§ŁŲŗŁ ŁŁ Ų ŁŲ„Ł Ų°ŁŁ Ų„ŁŁ Ų§ ŁŁ Ų¬Ų²Ų§Ų” ŲØŁŲÆŲ± Ų„Ų¹Ų±Ų§Ų¶Ł Ų¹Ł Ų±ŲØŁ Ų¹Ų² ŁŲ¬Ł . ŁŲ§ŁŁŁ .
Ketahuilah bahwa dengan berdzikir kepada Allah Taāala, (kesedihan yg terjadi pada manusia di dunia ini akan hilang), karena kesusahan dan kesedihan tidaklah terjadi kecuali sebatas kelalaiannya dari mengingat Allah Taāala. Maka barangsiapa yg menginginkan kebahagiaan yg lestari, hendaklah ia melestarikan dzikir, dan jangan salahkan siapaĀ² selain dirinya sendiri apabila kesedihan dan kesusahan datang silih berganti, karena demikian itu hanyalah sebagai balasan yg setimpal dengan berpalingnya dari Tuhannya āAzza wa Jalla. Fahamilah!
ŁŲ§Ų¹ŁŁ Ų£Ł ŲØŲ°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲŖŲ°ŁŲØ Ų§ŁŁŲ³ŁŲ© Ų¹Ł Ų§ŁŁŁŲØ . ŁŲ§Ł Ų§ŁŲŁŁŁ Ų£ŲØŁ Ł ŲŁ ŲÆ Ų§ŁŲŖŲ±Ł Ų°Ł Ų±ŲŁ Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : “Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲ±Ų·ŲØ Ų§ŁŁŁŲØ ŁŁŁŁŁŁ Ų ŁŲ„Ų°Ų§ Ų®ŁŲ§ Ų¹Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± Ų£ŲµŲ§ŲØŲŖŁ ŲŲ±Ų§Ų±Ų© Ų§ŁŁŁŲ³ ŁŁŲ§Ų± Ų§ŁŲ“ŁŁŲ© ŁŁŲ³Ų§ ŁŁŲØŲ³ ŁŲ§Ł ŲŖŁŲ¹ŲŖ Ų§ŁŲ£Ų¹Ų¶Ų§Ų” Ų¹Ł Ų§ŁŲ·Ų§Ų¹Ų©”. ŁŲ§ŁŁŁ .
Ketahuilah bahwa dengan berdzikir kepada Allah Taāala dapat melunakkan hati.
Al-Hakim Abu Muhammad At-Turmudzi rahimahullahu Taāala berkata: āBerdzikir kapada Allah Taāala dapat membasahi dan melunakkan hati, apabila seseorang kosong dari dzikir, maka panasnya nafsu dan api syahwat akan menimpanya hingga hatinya menjadi keras, kering dan seluruh anggota tubuhnya enggan menjalankan ketaatanā. Fahamilah!
ŁŲ§Ų¹ŁŁ Ų£Ł ŲØŁ ŲÆŲ§ŁŁ Ų© Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲŖŲ®Ł ŲÆ Ų§ŁŲ£Ł Ų±Ų§Ų¶ Ų§ŁŲØŲ§Ų·ŁŲ© Ł Ł ŁŲØŲ± ŁŲ¹Ų¬ŲØ ŁŲ±ŁŲ§Ų” ŁŲŲ³ŲÆ ŁŲ³ŁŲ” ŲøŁ ŁŲŁŲÆ ŁŲŗŁ ŁŁ ŁŲ± ŁŲŲØ Ł ŲŁ ŲÆŲ© ŁŲŗŁŲ± Ų°ŁŁ . ŁŲ§ŁŁŁ .
Ketahuilah bahwa dengan terus menerus berdzikir kepada Allah Taāala dapat menyembuhkan penyakit bathin seperti sombong, āujub (bangga), riyaā, dengki, buruk sangka, dendam, tipu daya, senang dipuji dan lainĀ²nya. Fahamilah!
ŁŲ§Ų¹ŁŁ Ų£Ł ŲØŁ ŲÆŲ§ŁŁ Ų© Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲŖŁŁŲ·Ų¹ Ų§ŁŲ®ŁŲ§Ų·Ų± Ų§ŁŲ“ŁŲ·Ų§ŁŁŲ© .
Dan ketahuilah bahwa dengan terus menerus berdzikir kepada Allah Taāala dapat menghilangkan bisikan syaithan.
ŁŲ§ŁŁŲ±Ł ŲØŁŁŁŲ§ ŁŲØŁŁ Ų§ŁŲ®ŁŲ§Ų·Ų± Ų§ŁŁŁŲ³Ų§ŁŁŲ© Ų£Ł Ų®ŁŲ§Ų·Ų± Ų§ŁŲ“ŁŲ·Ų§Ł Ų£ŁŲ«Ų±Ł ŁŲÆŲ¹Ł Ų„ŁŁ Ų§ŁŁ Ų¹Ų§ŲµŁŲ ŁŲ®Ų§Ų·Ų± Ų§ŁŁŁŲ³ Ų£ŁŲ«Ų±Ł ŁŲÆŲ¹Ł Ų„ŁŁ Ų§ŲŖŲØŲ§Ų¹ Ų§ŁŲ“ŁŁŲ©,
Perbedaan antara bisikan syaithan dengan bisikan nafsu adalah; Bisikan syaithan lebih banyak mengajak pada kemaāshiyatan, sedangkan bisikan nafsu lebih banyak mengajak untuk menuruti keinginan hawa nafsu.
ŁŁŲ±ŁŁŲ§ ŲØŁŁŁŁ Ų§ Ų£ŁŲ¶Ų§ ŲØŲ£Ł Ų§ŁŁŁŲ³ Ų„Ų°Ų§ Ų·Ų§ŁŲØŲŖŁ ŲØŲ“ŁŲ” Ų£ŁŲŲŖ ŁŁŲ§ ŲŖŲ²Ų§Ł ŁŁŲ§ ŲŖŲ±Ų¬Ų¹ ŁŁŁ ŲØŲ¹ŲÆ ŲŁŁ ŲŲŖŁ ŲŖŲµŁ Ų„ŁŁ Ł Ų±Ų§ŲÆŁŲ§ Ų„ŁŲ§ Ų£Ł ŁŲÆŁŁ ŲµŲÆŁ Ų§ŁŁ Ų¬Ų§ŁŲÆŲ© . ŁŲ£Ł Ų§ Ų§ŁŲ“ŁŲ·Ų§Ł Ų„Ų°Ų§ ŲÆŲ¹Ų§Ł Ų„ŁŁ Ų²ŁŲ© ŁŲ®Ų§ŁŁŲŖŁ ŁŲ§ŲŖŁ Ų°ŁŁ ŁŁŁŲ³ŁŲ³ ŲØŲ²ŁŲ© Ų£Ų®Ų±ŁŲ ŁŲ£Ł Ų¬Ł ŁŲ¹ Ų§ŁŁ Ų®Ų§ŁŁŲ§ŲŖ Ų¹ŁŲÆŁ Ų³ŁŲ§Ų” .
ŁŁ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŲ®Ų§Ų·Ų± Ų®Ų·Ų§ŲØ ŁŲ±ŲÆ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŲ¶Ł Ų§Ų¦Ų± .
Dan para āulama juga mengemukakan perbedaan antara bisikan syaithan dengan bisikan nafsu yaitu; Bisikan nafsu apabila mengajakmu pada sesuatu, maka ajakannya terus berulangĀ², tidak pernah berhenti mengajak dan tidak pernah putus asa sehingga ajakannya terpenuhi walaupun dalam waktu yg cukup lama, terkecuali bagi orang yg terus-menerus memeranginya dengan sungguhĀ². Sedangkan bisikan syaithan apabila mengajakmu pada kemaāshiyatan dan kamu menolaknya, maka ia akan meninggalkan ajakannya itu dan ia akan mengajak pada kemaāshiyatan yg lain karena semua kemaāshiyatan baginya adalah sama.
Adapun makna kata; ā Al-Khathirā adalah bisikan yg kembali pada hati.
ŁŲ§Ų¹ŁŁ Ų£Ł ŲØŲ°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲŖŲÆŁŲ¹ Ų§ŁŲ¢ŁŲ§ŲŖ .
Ketahuilah bahwa dengan berdzikir kepada Allah Taāala dapat menolak marabahaya.
ŁŲ§Ł Ų§ŁŲ„Ł Ų§Ł Ų°Ł Ų§ŁŁŁŁ Ų§ŁŁ ŲµŲ±Ł Ų±ŲŁ Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : Ł Ł Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲŁŲøŁ Ł Ł ŁŁ Ų“ŁŲ” .
Imam Dzun-Nun Al-Mishri rahimahullahu Taāal berkata; āBarangsiapa yg berdzikir kepada Allah Taāala, maka Dia akan melindunginya dari setiap sesuatuā.
ŁŁŲ§ŁŁŲ§ : Ų§ŁŲ°ŁŲ± Ų³ŁŁ Ų§ŁŁ Ų±ŁŲÆŁŁ ŲØŁ ŁŁŲ§ŲŖŁŁŁ Ų£Ų¹ŲÆŲ§Ų”ŁŁ Ł Ł Ų§ŁŲ¬Ł ŁŲ§ŁŲ„ŁŲ³ ŁŲØŁ ŁŲÆ ŁŲ¹ŁŁ Ų§ŁŲ¢ŁŲ§ŲŖ Ų§ŁŲŖŁ ŲŖŲ·Ų±ŁŁŁ Ų
Para āUlama berkata; āDzikir adalah pedang bagi setiap murid, dengan dzikir ia dapat memerangi musuhĀ²nya dari golongan jin dan manusia, dan dengan dzikir ia dapat menolak marabahaya yg akan menimpanyaā.
ŁŁŲ§ŁŁŲ§ Ų„Ł Ų§ŁŲØŁŲ§Ų” Ų„Ų°Ų§ ŁŲ²Ł Ų¹ŁŁ ŁŁŁ ŁŁŁŁŁ Ų°Ų§ŁŲ± ŲŲ§ŲÆ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŲØŁŲ§Ų”Ų
Para āUlama berkata; āSesungguhnya apabila suatu bencana menimpa suatu kaum dan disana terdapat orang yg berdzikir, maka bencana tersebut akan menjauh darinyaā.
ŁŁŲ§ŁŁŲ§ : Ų„Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± Ų„Ų°Ų§ ŲŖŁ ŁŁ Ł Ł Ų§ŁŁŁŲØ ŲµŲ§Ų± Ų§ŁŲ“ŁŲ·Ų§Ł ŁŲµŲ±Ų¹ Ų„Ų°Ų§ ŲÆŁŲ§ Ł Ł Ų§ŁŲ°Ų§ŁŲ± ŁŁ Ų§ ŁŲµŲ±Ų¹ Ų§ŁŲ„ŁŲ³Ų§Ł Ų„Ų°Ų§ ŲÆŁŲ§ Ł ŁŁ Ų§ŁŲ“ŁŲ·Ų§Ł ŁŲŖŲ¬ŲŖŁ Ų¹ Ų¹ŁŁŁ Ų§ŁŲ“ŁŲ§Ų·ŁŁ . ŁŁŁŁŁŁŁ : Ł Ų§ ŲØŲ§ŁŁŲ ŁŁŁŲ§Ł : Ų„ŁŁ ŲÆŁŲ§ Ł Ł Ų°Ų§ŁŲ± ŁŲµŲ±Ų¹ .
Dan para āulama berkata; āSesungguhnya apabila dzikir telah bersemayam dihati, syaithan akan pingsan apabila mendekat pada orang yg berdzikir sebagaimana manusia akan pingsan apabila melihat syaithan mendekatinya, kemudian syaithanĀ² berkumpul dan bertanya; Apa yg terjadi? Syaithan yg lain menjawab; Ia pingsan karena mendekat pada orang yg berdzikirā.
ŁŲ§Ų¹ŁŁ Ų°ŁŁ ŁŲ§ Ų£Ų®Ł ŁŲ£ŁŲ«Ų± Ł Ł Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲ„ŁŁ ŁŁ ŁŲ¹ Ų§ŁŲ“ŁŲ·Ų§Ł Ł Ł Ų±ŁŁŲØŁŲ§ .
Ketahuilah hal itu wahai saudaraku, dan perbanyaklah berdzikir kepada Allah Taāala, karena sesungguhnya dzikir dapat mengusir syaithan dari setiap kendaraan kita.
ŁŲ§Ł Ų§ŁŲ“ŁŲ® Ų£ŁŲ¶Ł Ų§ŁŲÆŁŁ Ų±ŲŁ Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : Ų„Ł Ų§ŁŲ“ŁŲ·Ų§Ł ŁŲ±ŁŲØ Ų£ŲŲÆŁŲ§ ŁŁŁ Ų§ ŲŗŁŁ Ų¹Ł Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲ„ŁŁ ŲÆŲ§Ų¦Ł Ų§ ŁŲ§ŁŁ ŲØŲ¬Ų§Ł ŁŁŲØ Ų§ŁŲ¹ŲØŲÆŲ ŁŁŁŁ Ų§ ŲŗŁŁ Ų¹Ł Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ Ų§Ų³ŲŖŲŁŲ° Ų¹ŁŁŁŲ ŁŁŁŁ Ų§ Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲ²Ł Ų¹ŁŁŲ ŁŁŁ ŁŲ“Ł ŁŲ£ŲŲÆŁŲ§ ŁŲ±Ų£Ł Ų„ŲØŁŁŲ³ ŁŲ±ŁŲØŁ ŁŁ Ų§ ŁŲ±ŁŲØ Ų£ŲŲÆŁŲ§ Ų§ŁŲŁ Ų§Ų± ŁŁŲµŲ±ŁŁŲ§ ŁŁŁ Ų“Ų§Ų” Ų·ŁŁ Ų§ŁŁŁŁ ŁŲ§ŁŁŁŲ§Ų± ŁŁŁ Ų§ ŲŗŁŁ ŁŁŁŲ²Ł Ų¹ŁŁ ŁŁŁ Ų§ Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ
Syaikh Afdhaluddin rahimahullahu Taāala berkata; āSesungguhnya syaithan akan menunggangi salah seorang dari kita bilamana ia lalai dari berdzikir kepada Allah Taāala, dan syaithan selamanya berdiri menghadap pada hati seorang hamba, manakala ia lalai dari berdzikir kepada Allah Taāala, syaithan akan mengalahkannya, dan ketika ia berdzikir kepada Allah Taāala, syaithan akan pergi darinya. Kalau seandainya mata hati salah seorang dari kita terbuka, niscaya ia akan melihat iblis menungganginya sebagaimana salah seorang dari kita menunggangi himar, dan syaithan akan mengendalikannya sesuka hatinya sepanjang siang dan malam setiap kali ia lalai dari berdzikir kepada Allah Taāala, dan akan pergi apabila ia berdzikir kepada Allah Taāalaā.
ŁŲ£Ų¬Ł Ų¹ Ų§ŁŁŁŁ Ų¹ŁŁ Ų£Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± Ł ŁŲŖŲ§Ų Ų§ŁŲŗŁŲØ ŁŲ¬Ų§Ų°ŲØ Ų§ŁŲ®ŁŲ± ŁŲ£ŁŁŲ³ Ų§ŁŁ Ų³ŲŖŁŲŲ“ ŁŲ¬Ų§Ł Ų¹ ŁŲ“ŲŖŲ§ŲŖ ŲµŲ§ŲŲØŁŲ ŁŲ„Ų°Ų§ ŲŗŁŲØ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŲ°Ų§ŁŲ± Ų§Ł ŲŖŲ²Ų¬ ŲØŲ±ŁŲ¬ Ų§ŁŲ°Ų§ŁŲ± ŲŲØ Ų§Ų³Ł Ų§ŁŁ Ų°ŁŁŲ± ŲŲŖŁ Ų£Ł ŲØŲ¹Ų¶ Ų§ŁŲ°Ų§ŁŲ±ŁŁ ŁŁŲ¹ Ų¹ŁŁ Ų±Ų£Ų³Ł ŲŲ¬Ų± ŁŁŲ·Ų± Ų§ŁŲÆŁ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŲ£Ų±Ų¶ ŁŲ§ŁŲŖŲŖŲØ Ų§ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŲ ŁŁŁ ŁŁ ŁŁŁ Ł Ł Ų“Ų±Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± Ų„ŁŲ§ Ų£ŁŁ ŁŲ§ ŁŁŁŲŖ ŲØŁŁŲŖ ŁŁŲ§Ł Ų°ŁŁ ŁŁŲ§ŁŲ© ŁŁ Ų“Ų±ŁŁ . ŁŲ£Ų¬Ł Ų¹ŁŲ§ Ų¹ŁŁ Ų£ŁŁ ŁŲ§ ŁŁŲØŲŗŁ ŲŖŲ±ŁŁ ŁŁŁ Ł Ų¹ Ų§ŁŲŗŁŁŲ© . ŁŲ§ŁŁŁ .
Para āulama sepakat bahwa dzikir adalah kunci keghaiban, dapat mendatangkan kebaikan, menghibur hati yg gelisah, dan menyatukan bercerai berainya hati orang yg berdzikir. Apabila dzikir telah menguasai orang yg berdzikir, maka rasa cinta kepada Dzat yg di dzikirkan akan menyatu dalam ruh orang yg berdzikir, sehingga ada sebagian orang yg berdzikir, tibaĀ² sebongkah batu jatuh mengenai kepalanya, lalu meneteskan darah ke tanah dan darah itu membentuk lafadz āALLAH, ALLAHā. Ini merupakan keutamaan dzikir, kalau saja dzikir tidak memiliki keutamaan lain selain tidak dibatasinya dengan waktu, kiranya itu saja sudah cukup utama. Dan āulama sepakat bahwa tidak sepantasnya seorang hamba meninggalkan dzikir walaupun dalam keadaan lalai. Fahamilah!
ŁŲ§Ų¹ŁŁ Ų£Ł ŁŁŲ§Ų¦ŲÆ Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŁŲ§ ŲŖŁŲŲµŲ± ŁŲ£Ł Ų§ŁŲ°Ų§ŁŲ± ŁŲµŁŲ± Ų¬ŁŁŲ³ Ų§ŁŲŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ Ł Ł Ų§ŁŲ£Ų³Ų±Ų§Ų± ŁŲ§ŁŲ¹ŁŁŁ ŁŁŁ Ų§ Ų°ŁŲ± ŁŲ£ŁŁŲ§ ŲŲ¶Ų±Ų© ŁŲ§ ŁŲ±ŲÆ Ų¹ŁŁŁŲ§ Ų£ŲŲÆ ŁŁŁŲ§Ų±ŁŁŲ§ ŲØŲŗŁŲ± Ł ŲÆŲÆŲ ŁŁŁ Ł Ų¹ Ų§ŁŲŲ¶ŁŲ±Ų
Ketahuilah bahwa faidahĀ² dzikir tidak dapat terhitung, karena orang yg berdzikir ketika itu menjadi satu majlis dengan Allah Al-Haqq Taāala dalam samudera rahasia dan āilmu, karena hal tersebut merupakan suasana yg tidak seorang pun dapat sampai kesana dan tidak dapat memilah-milahnya tanpa pertolongan. Namun demikian itu harus disertai hadirnya hati.
ŁŁŁŲ§Ł ŁŁ Ł Ų§ŲÆŲ¹Ł Ų£ŁŁ ŲŲ¶Ų± ŲØŁŁŲØŁ ŁŁ Ų°ŁŲ±Ł Ł Ų¹ Ų±ŲØŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : Ł Ų§ Ų°Ų§ Ų£ŲŖŲŁŁ ŁŲ£Ų¹Ų·Ų§Ł ŁŁ ŁŲ°Ų§ Ų§ŁŁ Ų¬ŁŲ³Ų
ŁŲ„Ł ŁŲ§Ł : Ł Ų§ Ų£Ų¹Ų·Ų§ŁŁ Ų“ŁŲ£ . ŁŁŁŲ§ ŁŁ : ŁŲ£ŁŲŖ Ų§ŁŲ¢ Ų®Ų± ŁŁ ŲŖŲŲ¶Ų± Ł Ų¹Ł ŁŁ Ų°ŁŲ±ŁŲ ŁŲ§ŲŖŲ®Ų° ŁŁ Ų“ŁŲ®Ų§ ŁŲ²ŁŁ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŁ ŁŲ§ŁŲ¹ Ų§ŁŁ Ų§ŁŲ¹Ų© ŁŁ Ų¹Ł Ų§ŁŲŲ¶ŁŲ±Ų ŁŲ„Ł ŁŁ ŁŲ¬ŲÆ ŁŁ Ų“ŁŲ®Ų§Ų ŁŁŁŲ§ ŁŁ : Ų£ŁŲ«Ų± Ł Ł Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲØŲ§ŁŁŁŲø ŲŲŖŁ ŁŲµŁŲ± Ų§ŁŲŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ Ł Ų“ŁŁŲÆŁ ŁŁŁŲ§Ł ŁŲµŲ Ų§ŁŁŲŖŲŲ ŁŲ£Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲŁŁŁŲ© ŁŁ Ų§Ų³ŲŖŲµŲŲ§ŲØ Ų“ŁŁŲÆ Ų§ŁŲ¹ŲØŲÆ Ų£ŁŁ ŲØŁŁ ŁŲÆŁ Ų±ŲØŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ, ŁŲ§ŁŲ°ŁŲ± ŲØŲ§ŁŁŲ³Ų§Ł Ų„ŁŁ Ų§ ŁŁ ŁŲ³ŁŁŲ© Ų„ŁŁŁŲ ŁŲ„Ų°Ų§ ŲŲµŁ ŁŁ Ų§ŁŲ“ŁŁŲÆ Ų§Ų³ŲŖŲŗŁŁ Ų¹Ł Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŲ³Ų§Ł ŁŁŲ§ ŁŲ°ŁŲ± ŲØŲ§ŁŁŲ³Ų§Ł Ų„ŁŲ§ ŁŁ Ł ŲŁ ŁŁŲŖŲÆŁ ŲØŁ ŁŁŁ ŁŲ§ ŲŗŁŲ±Ų ŁŲ£Ł ŲŲ¶Ų±Ų© Ų“ŁŁŲÆ Ų§ŁŲŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲŲ¶Ų±Ų© ŲØŁŲŖ ŁŲ®Ų±Ų³ ŁŲ³ŲŖŲŗŁŁ Ų¹Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± Ų„Ų° ŁŁ ŲØŁ ŁŲ²ŁŲ© Ų§ŁŲÆŁŁŁŲ ŁŲ„Ų°Ų§ ŲŲµŁŲŖ Ų§ŁŲ¬Ł Ų¹ŁŲ© ŲØŲ§ŁŁ ŲÆŁŁŁ Ų§Ų³ŲŖŲŗŁŁ Ų§ŁŲ¹ŲØŲÆ Ų¹Ł Ų§ŁŲÆŁŁŁ . ŁŲ§Ų¹ŁŁ Ų°ŁŁ ŁŲ„ŁŁ ŁŁŁŲ³ .
Jika dikatakan kepada orang yg mengaku bahwa hatinya dapat hadir bersama Tuhannya Taāala dalam dzikirnya; āApa yg Dia berikan kepadamu dalam majlis itu?ā
Lalu apabila ia menjawab; āDia tidak memberi sesuatu apapun kepadakuā. Maka aku akan berkata padanya; āEngkau ingat pada yg lain, hatimu tidak hadir bersama-Nya di saat berdzikir, karena itu carilah olehmu seorang Guru yg dapat menghilangkan darimu beberapa perkara yg menghalangi hadirnya hatimuā. Dan apabila ia tidak menemukan seorang Guru pun, aku akan menyarankan kepadanya; BanyakĀ²lah berdzikir kepada Allah Taāala dengan lisan hingga Allah Al-Haqq Taāala menjadi perkara yg engkau saksikan, disanalah nanti terbukanya hati yg sah, karena berdzikir kapada Allah Taāala hakikatnya adalah lestarinya penyaksian seorang hamba bahwa ia berada di hadapan Tuhannya Taāala, sedangkan berdzikir dengan lisan hanya sebagai perantara menuju penyaksian bahwa ia berada di hadapan-Nya (syuhud), bila telah berhasil syuhud, ia tidak perlu lagi berdzikir dengan lisan kecuali pada suatu tempat yg disana ia sebagai orang yg di ikuti, bukan yg lainnya, karena suasana penyaksian bahwa dirinya berada di hadapan Allah Al-Haqq Taāala adalah suasana yg membingungkan dan membisukan yg ia tidak butuh lagi pada dzikir, karena dzkir ibarat suatu petunjuk, maka apabila semua yg ditunjukkan telah berhasil dicapai, seorang hamba tidak butuh lagi pada petunjuk. Ketahuilah, karena hal itu adalah masalah yg indah.