Dlm Minahus Saniyyah:
Wasiat 16. Jangan Lalai Dari Mengingat Allah
(ŁŁŁŁŲ§ ŲŖŁŲŗŁŁŁŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ų°ŁŁŁŲ±Ł Ų§ŁŁŁŁ ŲŖŁŲ¹ŁŲ§ŁŁŁ)
āJanganlah engkau lalai dari mengingat Allah Taāalaā
ŁŁŲÆ ŁŲ§ŁŁŲ§ : Ł Ł ŁŲ³Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁŲÆ ŁŁŲ± ŲØŁ,
Para āulama berkata; āBarangsiapa yg lalai dari mengingat Allah Taāala, maka ia benarĀ² kufur kepada-Nyaā.
ŁŁŲ§ŁŁŲ§ : ŁŁ Ł Ł ŲŖŲ³Ų§ŁŁ ŲØŲ§ŁŲŗŁŁŲ© ŁŁŁ ŲŖŁŁ Ų¹ŁŁŁ Ų£Ų“ŲÆ Ł Ł Ų¶Ų±ŲØ Ų§ŁŲ³ŁŁŁ ŁŁŁ ŁŲ§Ų°ŲØ ŁŲ§ ŁŲ¬ŁŲ” Ł ŁŁ Ų“ŁŲ” ŁŁ Ų§ŁŲ·Ų±ŁŁŲ
Para āulama berkata; āSetiap orang yg meremehkan lalai dari mengingat Allah Taāala, sedangkan itu tidak terasa lebih berat baginya daripada tusukan pedang, maka ia adalah pendusta, sedikitpun ia tidak akan dapat menempuh jalan menuju Allahā.
ŁŁŲ§ŁŁŲ§ : Ų„Ų°Ų§ ŲŖŲ±Ł Ų§ŁŲ¹Ų§Ų±Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŁŁŲ³Ų§ Ų£Ł ŁŁŲ³ŁŁ ŁŲØŲ¶ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁ Ų“ŁŲ·Ų§ŁŲ§Ų ŁŁŁ ŁŁ ŁŲ±ŁŁŲ ŁŲ£Ł Ų§ ŲŗŁŲ± Ų§ŁŲ¹Ų§Ų±Ł ŁŁŲ³Ų§Ł Ų ŲØŁ Ų«Ł Ų°ŁŁ ŁŁŲ§ ŁŲ¤Ų§Ų®Ų° Ų„ŁŲ§ ŁŁ Ł Ų«Ł ŲÆŲ±Ų¬Ų© Ų£Ł ŲÆŲ±Ų¬ŲŖŁŁ Ų£Ł Ų²Ł Ł Ų£Ł Ų²Ł ŁŁŁ Ų£Ł Ų³Ų§Ų¹Ų© Ų£Ł Ų³Ų§Ų¹ŲŖŁŁ Ų¹ŁŁ ŲŲ³ŲØ Ų§ŁŁ Ų±Ų§ŲŖŲØ .
Dan Para āulama berkata; āApabila seorang āArif meninggalkan berdzikir dalam satu atau dua hembusan nafas, maka Allah Taāala akan menguasakannya kepada syaitan hingga ia berkawan dengannya. Sedangkan selain orang āArif mendapat keringanan dari hal semacam itu, dan tidak akan dikenakan sangsi sebatas satu atau dua derajat, satu atau dua masa, satu atau dua jam sesuai dengan tingkatannya masingĀ²ā.
ŁŁŲÆ Ų±ŁŁ Ų§ŁŲ“ŁŲ®Ų§Ł : ŁŲ§Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : “Ų£ŁŲ§ Ų¹ŁŲÆ ŲøŁ Ų¹ŲØŲÆŁ ŲØŁ ŁŲ£ŁŲ§ Ł Ų¹Ł Ų„Ł Ų°ŁŲ±ŁŁŲ ŁŲ„Ł Ų°ŁŲ±ŁŁ ŁŁ ŁŁŲ³Ł Ų°ŁŲ±ŲŖŁ ŁŁ ŁŁŲ³ŁŲ ŁŲ„Ł Ų°ŁŲ±ŁŁ ŁŁ Ł ŁŲ„ Ų°ŁŲ±ŲŖŁ ŁŁ Ł ŁŲ„ Ų®ŁŲ± Ł Ł Ł ŁŲ§Ų¦Ł…”.
Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan, Allah Taāala berfirman; āAku menurut sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan selalu bersamanya selama ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya maka Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam sekumpulan orang, maka Aku akan mengingatnya dalam sekumpulan yg lebih baik dan lebih bagus darinya. Jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku akan mendekat kepada-Nya satu hasta, jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa, dan jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlariā.
ŁŲ±ŁŁ Ų§ŲØŁ ŲŲØŲ§Ł : “Ų£ŁŲ«Ų±ŁŲ§ Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲŲŖŁ ŁŁŁŁŁŲ§ Ł Ų¬ŁŁŁ”.
Ibnu Hibban meriwayatkan; āPerbanyaklah oleh kalian berdzikir kepada Allah Taāala sehingga orangĀ² menganggapmu orang gilaā.
ŁŲ±ŁŁ Ł Ų³ŁŁ ŁŲ§ŁŁŲ³Ų§Ų¦ ŁŲ§ŁŲØŲ²Ų§Ų± : “Ų£ŁŲ§ Ų£ŁŲØŲ¦ŁŁ ŲØŲ®ŁŲ± Ų£Ų¹Ł Ų§ŁŁŁ ŁŲ£Ų²ŁŲ§ŁŲ§ Ų¹ŁŲÆ Ł ŁŁŁŁŁ ŁŲ£Ų±ŁŲ¹ŁŲ§ ŁŁ ŲÆŲ±Ų¬Ų§ŲŖŁŁ ŁŲ®ŁŲ± ŁŁŁ Ł Ł Ų„ŁŁŲ§Ł Ų§ŁŲ°ŁŲØ ŁŲ§ŁŁŲ±Ł ŁŲ®ŁŲ± ŁŁŁ Ł Ł Ų£Ł ŲŖŁŁŁŲ§ Ų¹ŲÆŁŁŁ ŁŲŖŲ¶Ų±ŲØŁŲ§ Ų£Ų¹ŁŲ§ŁŁŁ ŁŁŲ¶Ų±ŲØŁŲ§ Ų£Ų¹ŁŲ§ŁŁŁ Ų ŁŲ§ŁŁŲ§ : ŲØŁŁ . ŁŲ§Ł : Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ Ų¹Ų² ŁŲ¬Ł”.
Imam Muslim, Nasaāi dan Al-Bazzar meriwayatkan; āMaukah kalian aku beritahu suatu amalan kalian yg terbaik, dan yg paling suci di sisi Raja (Tuhan) kalian, paling tinggi derajatnya, lebih baik bagi kalian daripada menginfakkan emas dan perak, serta lebih baik bagi kalian daripada bertemu dengan musuh kalian kemudian kalian memenggal leher mereka, dan mereka memenggal leher kalian?” Mereka menjawab; Ya, wahai Rasulullah. Beliau bersabda; āBerdzikir kepada Allah Ta’alaā.
ŁŲ±ŁŁ Ų§ŁŲ·ŲØŲ±ŁŁ : “ŁŁŲ³ ŁŲŖŲŲ³Ų± Ų£ŁŁ Ų§ŁŲ¬ŁŲ© Ų„ŁŲ§ Ų¹ŁŁ Ų³Ų§Ų¹Ų© Ł Ų±ŲŖ ŲØŁŁ ŁŁŁ ŁŲ°ŁŲ±ŁŲ§ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁŁŲ§”.
Imam Thabrani meriwayatkan; āTidak akan ada penyesalan bagi ahli surga kecuali suatu waktu yg mereka lewatkan dan mereka tidak berdzikir kepada Allah Taāala pada waktu ituā.
ŁŲ±ŁŁ Ų£ŁŲ¶Ų§ : “Ł Ł ŁŁ ŁŲ°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁŲÆ ŲØŲ±Ų¦ Ł Ł Ų§ŁŲ„ŁŁ Ų§Ł”.
Imam Thabrani juga meriwayatkan; āBarangsiapa tidak berdzikir kepada Allah Taāala, maka ia benarĀ² terlepas dari imanā.
ŁŲ±ŁŁ Ų£ŁŲ¶Ų§ : “Ł Ų«Ł Ų§ŁŲ°Ł ŁŲ°ŁŲ± Ų±ŲØŁ ŁŲ§ŁŲ°Ł ŁŲ§ ŁŲ°ŁŲ± Ł Ų«Ł Ų§ŁŲŁ ŁŲ§ŁŁ ŁŲŖ”.
Imam Thabrani juga meriwayatkan; āPerumpamaan orang yg berdzikir kepada Tuhannya dan orang yg tidak berdzikir adalah seperti orang hidup dan orang matiā.
ŁŲ±ŁŁ Ų£ŁŲ¶Ų§ : “ŁŁŁŁ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ :”ŁŲ§Ų§ŲØŁ Ų¢ŲÆŁ Ų„ŁŁ Ų„Ų°Ų§ Ų°ŁŲ±ŲŖŁŁ Ų“ŁŲ±ŲŖŁŁ ŁŲ„Ų°Ų§ ŁŲ³ŁŲŖŁŁ ŁŁŲ±ŲŖŁŁ””.
Dan Imam Thabrani juga meriwayatkan; āAllah Taāala berfirman; āWahai anak Adam! Sesungguhnya apabila engkau berdzikir kepada-Ku, maka engkau telah bersyukur kepada-Ku, dan apabila engkau lupa kepada-Ku, maka engkau telah kufur kepada-Kuāā.
ŁŲ§ŁŁŲ§ : ŁŁŲ°Ų§Ų§ŁŁŲ³ŁŲ§Ł ŁŲ·ŁŁ Ų¹ŁŁ ŁŲ³ŁŲ§Ł ŲŗŁŁŲ© Ų§ŁŲ¬ŁŁ ŲØŲ§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲ§ŁŲ„Ų“Ų±Ų§Ł ŲØŁŲ ŁŲ¹ŁŁ ŁŲ³ŁŲ§Ł ŲŗŁŁŲ© Ų§ŁŲ„Ų¹Ų±Ų§Ų¶ Ų¹Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲ·Ų±ŁŁŁŲ ŁŁŁŲ§ŁŁ Ų§ Ł Ų°Ł ŁŁ .
Para āulama berkata; Yg dimaksud lupa disini adalah; Lupa karena bodoh terhadap Allah Taāala dan menyekutukan-Nya, dan lupa karena berpaling dari Allah Taāala dan jalan menuju kepada-Nya, yg keduanya merupakan perbuatan tercelaā.
ŁŲ±ŁŁ Ų§ŁŲŖŲ±Ł Ų°Ł : “Ų„Ų°Ų§ Ł Ų±Ų±ŲŖŁ ŲØŲ±ŁŲ§Ų¶ Ų§ŁŲ¬ŁŲ© ŁŲ§Ų±ŲŖŲ¹ŁŲ§” ŁŲ§ŁŁŲ§ : ŁŲ§ Ų±Ų³ŁŁ Ų§ŁŁŁ ŁŁ Ų§ Ų±ŁŲ§Ų¶ Ų§ŁŲ¬ŁŲ©Ų ŁŲ§Ł : “ŲŁŁ Ų§ŁŲ°ŁŲ±”.
Imam At-Turmudzi meriwayatkan; āJika kalian melewati tamanĀ² surga, nikmatilahā, para sahabat bertanya; āWahai Rasulullah, apakah yg dimaksud tamanĀ² itu?ā, Rasulullah Saw. bersabda; āYaitu majlisĀ² dzikirā.
ŁŲ±ŁŁ Ų£ŁŲ¶Ų§ : “Ł Ł ŲµŁŁ Ų§ŁŲµŲØŲ ŁŁ Ų¬Ł Ų§Ų¹Ų© Ų«Ł ŁŲ¹ŲÆ ŁŲ°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŲŲŖŁ ŲŖŲ·ŁŲ¹ Ų§ŁŲ“Ł Ų³ Ų«Ł ŲµŁŁ Ų±ŁŲ¹ŲŖŁŁ ŁŲ§ŁŲŖ ŁŁ ŁŲ£Ų¬Ų± ŲŲ¬Ų© ŁŲ¹Ł Ų±Ų© ŲŖŲ§Ł Ų© ŲŖŲ§Ł Ų©”.
Imam At-Turmudzi juga meriwayatkan; āBarangsiapa shalat shubuh berjamaāah, lalu duduk berdzikir kepada Allah Taāala hingga terbit matahari, kemudian shalat dua rakaāat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan āumrah secara utuh dan sempurnaā.
ŁŲ±ŁŁ Ų§ŁŲØŲ²Ų§Ų± : “Ų°Ų§ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁ Ų§ŁŲŗŲ§ŁŁŁŁ ŲØŁ ŁŲ²ŁŲ© Ų§ŁŲµŲ§ŲØŲ± ŁŁ Ų§ŁŁŲ§Ų±ŁŁ”.
Al-Bazzar meriwayatkan; āOrang yg berdzikir kepada Allah Taāala dengan orangĀ² yg lalai, kedudukannya seperti orang yg sabar (tidak lari) dalam pertempuran di saat pasukan lainnya melarikan diriā.
ŁŲ±ŁŁ Ų£ŁŲ¶Ų§ : “Ł Ų§ Ł Ł ŁŁŁ Ų¬ŁŲ³ŁŲ§ Ł Ų¬ŁŲ³Ų§ ŁŲŖŁŲ±ŁŁŲ§ Ų¹ŁŁ ŁŁŁ ŁŲ°ŁŲ±ŁŲ§ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁŁ Ų„ŁŲ§ ŁŲ£ŁŁ Ų§ ŲŖŁŲ±ŁŁŲ§ Ų¹Ł Ų¬ŁŁŲ© ŲŁ Ų§Ų±Ų ŁŁŲ§Ł Ų¹ŁŁŁŁ ŲŲ³Ų±Ų© ŁŁŁ Ų§ŁŁŁŲ§Ł Ų©”.
Al-Bazzar juga meriwayatkan; āTidaklah suatu kaum duduk dalam suatu perkumpulan, lalu berpisah darinya, sedangkan mereka tidak berdzikir kepada Allah Taāala dalam perkumpulan itu, kecuali seakanĀ² mereka telah berpisah dari bangkai himar, dan majlis tersebut akan menjadi kerugian bagi mereka kelak pada hari kiamatā.
ŁŲ±ŁŁ Ų§ŲØŁ Ų£ŲØŁ Ų“ŁŲØŲ© : “Ł Ų§ Ł Ł Ų¢ŲÆŁ Ł Ų„ŁŲ§ ŁŁŁŁŲØŁ ŲØŁŲŖŲ§Ł : ŁŁ Ų£ŲŲÆŁŁ Ų§ Ų§ŁŁ ŁŁŲ ŁŁŁ Ų§ŁŲ¢Ų®Ų± Ų§ŁŲ“ŁŲ·Ų§ŁŲ ŁŲ„Ų°Ų§ Ų°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ Ų®ŁŲ³Ų ŁŲ„Ų°Ų§ ŁŁ ŁŲ°ŁŲ± Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŲ¶Ų¹ Ų§ŁŲ“ŁŲ·Ų§Ł Ł ŁŁŲ§Ų±Ł ŁŁ ŁŁŲØŁ ŁŁŲ³ŁŲ³ ŁŁ”.
Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan; āTidaklah anak Adam memiliki hati kecuali dalam hatinya ada dua rumah, yg satu ditempati malaikat dan yg satu lagi ditempati syaitan, lalu apabila ia berdzikir kepada Allah Taāala, syaitan akan pergi dan apabila ia tidak berdzikir kepada Allah Taāala, syaitan akan meletakkan paruhnya dalam hatinya (menguasai hatinya) dan mengganggunyaā.
ŁŲ±ŁŁ Ų§ŲØŁ ŲŲØŲ§Ł : “Ų³ŁŲ¹ŁŁ Ų£ŁŁ Ų§ŁŲ¬Ł Ų¹ Ł Ł Ų£ŁŁ Ų§ŁŁŲ±Ł ”Ų ŁŁŁ : ŁŁ Ł Ų£ŁŁ Ų§ŁŁŲ±Ł Ų ŁŲ§Ł : “Ų£ŁŁ Ł Ų¬Ų§ŁŲ³Ų© Ų§ŁŲ°ŁŲ±”.
Ibn Hibban meriwayatkan; āSemua orang yg berkumpul di padang mahsyar akan diberitahukan tentang orang yg muliaā. Beliau ditanya; āSiapakah orang yg mulia itu wahai Rasulullah?ā Beliau menjawab; āOrang yg selalu berada dalam majlis dzikirā.
ŁŲ±ŁŁ Ų£ŲØŁ ŲÆŲ§ŁŲÆ : “ŁŲ£Ł Ų£ŁŲ¹ŲÆ Ł Ų¹ ŁŁŁ ŁŲ°ŁŲ±ŁŁ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ Ł Ł ŲµŁŲ§Ų© Ų§ŁŲŗŲÆŲ§Ų© ŲŲŖŁ ŲŖŲ·ŁŲ¹ Ų§ŁŲ“Ł Ų³ Ų£ŲŲØ Ų„ŁŁ Ł Ł Ų£Ł Ų£Ų¹ŲŖŁ Ų£Ų±ŲØŲ¹Ų© Ł Ł ŁŁŲÆ Ų„Ų³Ł Ų§Ų¹ŁŁ”.
Abu Dawud meriwayatkan; āSungguh, aku duduk bersama kaum yg berdzikir kepada Allah Ta’ala dari shalat shubuh hingga terbit matahari adalah lebih aku sukai daripada aku membebaskan empat anak cucu Isma’il. Dan sungguh aku duduk bersama suatu kaum yg berdzikir kepada Allah dari Shalat ‘Ashar hingga matahari tenggelam adalah lebih aku sukai daripada aku membebaskan empat orang budakā.
ŁŲ±ŁŁ Ų§ŁŲ„Ł Ų§Ł Ų£ŲŁ ŲÆ : “ŲŗŁŁŁ Ų© Ł Ų¬Ų§ŁŲ³ Ų§ŁŲ°ŁŲ± Ų§ŁŲ¬ŁŲ©”.
Imam Ahmad meriwayatkan; āHasil rampasan majlisĀ² dzikir adalah surgaā.
ŁŲ§Ł Ų§ŁŲ“ŁŲ® Ų¹Ų² Ų§ŁŲÆŁŁ ŲØŁ Ų¹ŲØŲÆ Ų§ŁŲ³ŁŲ§Ł Ų±ŲŁ Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : ŁŁŲ°Ų§ Ų§ŁŲŲÆŁŲ« ŁŲ£Ł Ų«Ų§ŁŁ ŁŁŲŁ ŲØŲÆŲ±Ų¬Ų© Ų§ŁŲ£Ł Ų±Ų ŁŲ£Ł ŁŁ ŁŲ¹Ł Ł ŲÆŲŁ Ų§ŁŲ“Ų§Ų±Ų¹ Ų£Ł Ł ŲÆŲ ŁŲ§Ų¹ŁŁ ŁŲ£Ų¬ŁŁ Ų£Ł ŁŲ¹ŲÆ Ų¹ŁŁŁ ŲØŲ®ŁŲ± Ų¹Ų§Ų¬Ł Ų£Ł Ų¢Ų¬Ł ŁŁŁ Ł Ų£Ł ŁŲ± ŲØŁŲ ŁŁŁŁ ŲŖŲ±ŲÆŲÆ ŲØŁŁ Ų§ŁŲ„ŁŲ¬Ų§ŲØ ŁŲ§ŁŁŲÆŁ Ų ŁŲ§ŁŲ£ŲŲ§ŲÆŁŲ« ŁŁ ŁŲ¶Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŁŲ«ŁŲ±Ų©Ų ŁŲ§Ų¹ŁŁ Ų°ŁŁ ŁŲ§ Ų£Ų®Ł ŁŁŲ§ ŲŖŲŖŲ±Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± (ŁŁŁŁŁŁ Ł ŁŲ¹Ł Ų§ŁŁŲŗŁŁŁŁŁŲ©Ł)Ų
Syaikh āIzzuddin bin āAbdus-Salam rahimahullahu Taāala berkata; Hadits ini dan sesamanya, derajatnya disamakan dengan perintah, karena setiap perbuatan yg dipuji syariā (pembuat undangĀ²), atau syariā memuji pelakunya lantaran perbuatannya, atau syariā berjanji akan memberi kebaikan baik di dunia maupun nanti di akhirat, adalah merupakan perkara yg diperintahkan, namun antara perintah wajib dan sunnatnya belum bisa dipastikan (sebelum ada dalil yg jelas yg mendukung terhadap perintah tersebut). Dan haditsĀ² yg menjelaskan tentang keutamaan dzikir sangat banyak, maka ketahuilah itu wahai saudaraku, dan janganlah engkau meninggalkan dzikir āsekalipun dalam keadaan lalaiā.
ŁŲ§Ł Ų§ŁŲ„Ł Ų§Ł Ų³ŁŁ Ų±ŲŁ Ł Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ : Ų³ŁŲ±ŁŲ§ Ų„ŁŁ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ Ų¹Ų±Ų¬Ų§ ŁŁ ŁŲ§Ų³ŁŲ± ŁŁŲ§ ŲŖŁŲŖŲøŲ±ŁŲ§ Ų§ŁŲµŲŲ© ŁŲ„Ł Ų§ŁŲŖŲøŲ§Ų± Ų§ŁŲµŲŲ© ŲØŲ·Ų§ŁŲ© .
Imam Sahl rahimahullahu Taāala berkata; āBerangkatlah engkau menuju Allah Taāala walau dalam keadaan pincang atau patah anggota tubuhnya, janganlah engkau menunggu sehat, karena menunggu sehat adalah perbuatan siaĀ²ā.
ŁŁŲ§Ł ŲµŲ§ŲŲØ Ų§ŁŲŁŁ : ŁŲ§ ŲŖŲŖŲ±Ł Ų§ŁŲ°ŁŲ± ŁŲ¹ŲÆŁ ŲŲ¶ŁŲ±Ł Ł Ų¹ Ų§ŁŁŁ ŲŖŲ¹Ų§ŁŁ ŁŁŁŲ ŁŲ£Ł ŲŗŁŁŲŖŁ Ų¹Ł ŁŲ¬ŁŲÆ Ų°ŁŲ±Ł Ų§Ų“ŲÆ Ł Ł ŲŗŁŁŲŖŁ Ł Ų¹ ŁŲ¬ŁŲÆ Ų°ŁŲ±ŁŲ ŁŲ¹Ų³Ł Ų£Ł ŁŲ±ŁŲ¹Ł Ł Ł Ų°ŁŲ± Ł Ų¹ ŁŲ¬ŁŲÆ ŲŗŁŁŲ© Ų„ŁŁ Ų°ŁŲ± Ł Ų¹ ŁŲ¬ŁŲÆ ŁŁŲøŲ© ŁŁ Ł Ų°ŁŲ± Ł Ų¹ ŁŲ¬ŁŲÆ ŁŁŲøŲ© Ų„ŁŁ Ų°ŁŲ± Ł Ų¹ ŁŲ¬ŁŲÆ ŲŲ¶ŁŲ±Ų ŁŁ Ł Ų°ŁŲ± Ł Ų¹ ŁŲ¬ŁŲÆ ŲŲ¶ŁŲ± Ų„ŁŁ Ų°ŁŲ± Ł Ų¹ ŲŗŁŲØŲ© Ų¹Ł Ų§ Ų³ŁŁ Ų§ŁŁ Ų°ŁŁŲ± ŁŁ Ų§ Ų°ŁŁ Ų¹ŁŁ Ų§ŁŁŁ ŲØŲ¹Ų²ŁŲ² . ŁŲ§Ų¹ŁŁ Ų°ŁŁ ŁŲ§ Ų£Ų®Ł .
Penulis kitab āAl-Hikamā (Imam Ibnu āAtha’illah As-Sakandari rahimahullahu Taāala) berkata; āJanganlah engkau meninggalkan dzikir hanya karena ketidak hadiran hatimu di hadapan Allah Taāala dalam berdzikir, sebab kelalaianmu dari berdzikir kepada-Nya adalah lebih buruk daripada kelalaianmu dalam berdzikir kepada-Nya. Semoga Allah berkenan mengangkat derajatmu dari dzikir yg penuh dengan kelalaian menuju dzikir yg penuh dengan kesadaran, dari dzikir yg penuh dengan kesadaran menuju dzikir yg penuh dengan hadirnya hati, dan dari dzikir yg penuh dengan hadirnya hati menuju dzikir yg meniadakan segala sesuatu selain-Nya, dan yg demikian itu bagi Allah tidaklah sulitā. Ketahuilah hal itu wahai saudaraku!